Home Palembang Kadis Perpus Sumsel Terima Kunker Anggota Komisi ll DPRD Kota Prabumulih

Kadis Perpus Sumsel Terima Kunker Anggota Komisi ll DPRD Kota Prabumulih

Palembang, bidiksumsel.com – Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel Fitriana S.Sos,. M.Si menerima kunjungan kerja Anggota Komisi ll DPRD Kota Prabumulih, di Kantor Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel. Kamis siang, (15/04/2021)

Fitriana mengatakan, kunjungan anggota komisi ll Dprd Kota Prabumulih ini dalam rangka study banding penguatan untuk pengembangan dan pengelolaan perpustakaan yang ada di Kota Prabumulih.

“Perpustakaan Prabumulih perlu ditingkatkan baik dari sisi pengelolaannya, penyelenggaraannya maupun pengadaan pustakawan serta anggaran,“ ujar Fitriana

Sehingga mereka mengumpulkan data dan informasi terkait pengembangan perpustakaan di Kota Prabumulih. Apalagi Pustakawan di Prabumulih baru satu.

“Idealnya Pustakawan itu kalau berdasarkan standar nasional perpustakaan harus tiga pustakawan. Karena satu pustakawan berbanding 75 ribu penduduk,” ungkapnya

Kalau berdasarkan UNISCO atau IFLA satu berbanding 25, artinya satu pustakawan berbanding 25 ribu. Terkait dengan rencana pembangunan gedung, pihaknya sangat mendukung pembangunan gedung perpustakaan di Prabumulih, lokasi sudah strategis hanya saja terkait dengan anggaran.

“Kita minta bantuan dana melalui alokasi khusus dari perpustakaan nasional, karena ini membutuhkan SDM, karena persaingan dari 34 provinsi dan 500 sekian kabupaten/kota se-Indonesia,” jelasnya.

Memang cukup sulit karena persaingan di lebih 500 kabupaten/kota di 34 provinsi Se-Indonesia memperebutkan dana DAK.

“Tentunya ini membutuhkan SDM yang terampil dan yang bisa mengakses dengan baik untuk masuk ke aplikasi krisna,” tuturnya

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Prabumulih Hendriansyah mengatakan, kunjungan kerja ini dalam rangka mencari bahan mengenai penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan khusus untuk di kota Prabumulih.

“Pemaparan dari kadis Perpus sangat baik sehingga kami dapat mengerti masalah perpustakaan yang selama ini di sepelekan atau dikecilkan permasalahan perpustakaan di daerah daerah,” ujarnya

Perpustakaan ini merupakan satu bidang yang sangat mendukung peradaban dari pada kehidupan berbangsa dan bernegara, Prabumulih saat ini baru memiliki satu pustakawan.

“Kedepannya kami akan meningkatkan lagi dan memanggil kadis perpus kota Prabumulih untuk berkunjung ke provinsi mengenai perkembangan perpustakaan provinsi untuk diterapkan di Prabumulih,” tutupnya (dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here