Home HUT HKN ke 56, Gubernur Sumsel Raih 3 Rekor MURI Sekaligus

HUT HKN ke 56, Gubernur Sumsel Raih 3 Rekor MURI Sekaligus

PALEMBANG, Bidik sumsel.com,- Memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56, mengusung tema ‘Satukan Tekat Menuju Indonesia Sehat’ di gelar di Griya Agung Palembang Selasa (24/11/2020), Gubernur Sumsel Herman Deru mendapat tiga penghargaan.

Rekor MURI yang raih tersebut, Pemerintah Provinsi pertama yang membentuk Public Safety Center (PSC) di seluruh Kabupaten dan kota, Provinsi pertama menyelenggarakan Lomba Keluarga SAMAWA, Ambulan Berbasis Partisipasi Masyarakat di Desa Terbanyak.

Menteri Kesehatan RI, diwakili Brigjen TNI (Purn) Dr Jajang, dalam kata sambutannya mengatakan, saat ini masyarakat hidup dengan kebiasaan baru dengan menjalankan protokol kesehatan namun tetap produktif di massa pandemi covid – 19.

“Tetap terus melaksanakan protokes covid – 19 dengan memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga daya tahan tubuh dengan gizi yang seimbang, rutin berolah raga serta menjauhkan stress,” jelasnya.

Menurut Jajang, upaya Pemerintah hendaknya didukung denga kesembuhan meningkat dan jumlah kasus menurun, serta kematian dapat di cegah atau berusaha dikurangi dengan kesembuhan.

“Pandemi covid -19 telah memberikan kemandirian pengobatan dan alat kesehatan dengan produksi dalam negeri dalam penanggulangan Pandemi covid – 19,” ujarnya.

Oleh sebab itu, perlu berinovasi pelayanan kesehatan dan harmoni pemangku kebijakan, optimalisasi inovasi pelayanan kesehatan dengan efisiensi tindakan kesehatan  dengan produk lokal dalam negeri.

“Tanpa mengurangi kualitas dan mutu dan lebih ditingkatkan lagi pemangku kebijakan demi mewujudkan Indonesia sehat terbebas dari covid 19,” ujarnya.

Gubernur Sumsel, Herman Deru, mengajak semua elemen maupun stake holder serta masyarakat ikut terlibat langsung peduli akan kesehatan.

“Kesehatan merupakan tanggung jawab bersama, semua elemen maupun stake holder harus ikut terlibat, dan juga mengikutkan kepedulian masyarakat agar kita tetap sehat. Prestasi ini berkat kerja semua elemen, prestasi ini tidak ada yang ditutupi dan dilakukan dengan transparan,” ungkapnya.

Dalam hal penanganan covid-19, Gubernur Sumsel telah menetapkan Peraturan Gubernur Nomor 37 Tahun 2020 Tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman pada situasi Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan.

“Di Sumatera Selatan, semua aktivitas maupun kegiatan harus bermuara kepada protokol kesehatan dan selalu melakukan kegiatan dengan SOP kesehatan,” terangnya.

Pada Puncak Peringatan HKN ke – 56 ini dilaksanakan rangkaian kegiatan yaitu Launching Sumsel Tanggap 119 Terintegrasi, Pemberian Penghargaan Pemenang Lomba Keluarga Samawa Bahagia Sejahtera. Serta pemberian bantuan secara simbolik kepada Rumah Sakit, Launching Program 1 (satu) Ambulance 1 (satu) Desa. (Ati)

 590 total views,  1 views today