Home Nasional Diikuti Ribuan Peserta, ESP Buka Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Remaja, dan Dewasa...

Diikuti Ribuan Peserta, ESP Buka Kejuaraan Pencak Silat Tingkat Remaja, dan Dewasa Regional Sumatera

fhoto : bidiksumsel.com/ce

Palembang, bidiksumsel.com – Ribuan peserta dari seluruh perguruan atau aliran di bawah naungan Ikatan Pencak Silat Indonesia (ISPI) mengikuti kejuaraan pencak silat tingkat prestasi remaja dan dewasa regional Sumatera yang dimulai hari ini (30/10/2023) hingga Rabu (01/11/2023) di Hotel De Premium Jalan Kol. H. Burlian Palembang.

Kejuaraan ini dibuka langsung oleh Ketua Umum IPSI Sumsel sekaligus sebagai anggota DPR RI Komisi V fraksi Partai Gerindra Ir. H. Eddy Santana Putra,MT (ESP), dan dihadiri oleh Ketua Perguruan pencak silat Satria Muda Indonesia (SMI) Kota Palembang Akbar Alfaro, beberapa Ketua Perguruan lainnya, serta jajaran IPSI Sumsel dan para undangan.

Dalam sambutan, Ketua Umum IPSI Sumsel Ir. H. Eddy Santana Putra,MT tak lupa menyampaikan salam dari Ketum IPSI Pusat Prabowo Subianto. “Beliau (Prabowo Subianto) adalah Ketua Umum pusat membina langsung pencak silat di bumi pertiwi ini, dan beliau menginginkan kepada padepokan-padepokan dan anak-anak untuk datang di taman mini Jakarta nanti, itu pesan beliau,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebelumnya pencak silat sebagai lapisan budaya bangsa, sekarang pencak silat ini sudah masuk sea games, Perkis Asian Games Asia Tenggara, dan asean games.

“Sangat luar biasa, cabang pertandingan olehraga yang mempertandingkan olahraga ditingkat asean, dan rencana beliau juga ingin memperjuangkan pencak silat masuk olimpiade, jadi perjuangan ini emang agak berat,” katanya.

fhoto : bidiksumsel.com/ce

ESP Kembali Menggaungkan dan Berharap Prabowo Subianto menjadi Presiden

Ia berandai, jika pencak silat dijadikan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan disetiap olimpiade dan ini salah satu perjuangan dari ketua umum (Prabowo Subianto). “Oleh karena itu saya sampaikan kepada orang tua, orang dewasa yang sudah 17 tahun keatas untuk kita mendukung bapak kita, ketua umum kita Prabowo Subianto sebagai Presiden Indonesia kedepan, setuju,” lantangnya berapi-api.

Ia beralasan kenapa mendukung Prabowo, karena kalau Prabowo Subianto menjadi presiden akan lebih mudah melobi Internasional untuk memasukkan pencak silat menjadi cabang olahraga dunia, masuk cabang olahraga di olimpiade.

“Saya yakin itu tidak akan lama lagi itu (pencak silat) akan masuk olimpiade, saat Prabowo dilantik sebagai Presiden, ia akan melakukan lobi-lobi itu, tentunya saya juga akan menyampaikan langsung juga keinginan insan pencak silat bahwa pencak silat harus masuk olimpiade,” tegasnya.

Ia menambahkan, pencak silat ini adalah warisan budaya bangsa, banyak sekali perguruan-perguruan pencak silat atau aliran-aliran yang ada dibumi pertiwi yang di cintai ini.

“Ini asli budaya kita, termasuk Palembang ini, karena biasanya kalau disitu ada kesultanan, Kerajaan, seperti Palembang, Kesultanan Palembang Darussalam, Kerajaan Sriwijaya, itu ada warisan budaya bangsa pencak silat ini, pendekar-pendekar inilah yang lalu membela negara ini didaerah masing-masing, prajurit-prajurit inilah yang mewarisinya sejak dulu pencak silat. Wushu, judo mana ada,” terangnya.

Untuk itu, ia mengajak marilah semua pihak untuk melestarikan pencak silat ini sebagai budaya bangsa. “Di Sumsel juga lumayan banyak prestasi-prestasinya,” pungkasnya. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here