Home Nasional Survei Terbaru : TNI dan Polri Mendominasi Citra Positif Lembaga Negara

Survei Terbaru : TNI dan Polri Mendominasi Citra Positif Lembaga Negara

fhoto : ist

Jakarta, bidiksumsel.com – Kompas baru-baru ini merilis hasil survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas dari 27 Mei hingga 2 Juni 2024, yang menunjukkan citra berbagai lembaga negara di mata publik. Hasil survei tersebut menempatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai lembaga dengan citra paling positif, diikuti oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di peringkat kedua.

TNI menjadi lembaga dengan citra positif tertinggi berdasarkan survei tersebut. Hasilnya, 89,8 persen responden menilai bahwa TNI memiliki citra yang baik. Angka ini menunjukkan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi dari masyarakat terhadap TNI. Hanya 2,9 persen responden yang menyatakan bahwa TNI memiliki citra buruk, sementara 7,3 persen lainnya tidak memberikan pendapat.

Polri menempati urutan kedua dengan 73,1 persen responden menilai bahwa lembaga ini memiliki citra yang baik. Meskipun berada di posisi kedua, hasil ini menunjukkan bahwa Polri masih memiliki ruang untuk perbaikan, mengingat 22,5 persen responden memberikan penilaian buruk dan 4,4 persen tidak tahu atau tidak memberikan pendapat.

Survei yang dilakukan oleh Litbang Kompas menggunakan metode wawancara telepon terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak dari 38 provinsi di Indonesia. Survei ini sepenuhnya independen dan dibiayai oleh Harian Kompas. Dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen, margin of error dalam penelitian ini adalah sekitar 2,8 persen.

Berikut adalah hasil lengkap penilaian citra berbagai lembaga berdasarkan survei terbaru dari Litbang Kompas :

1. TNI :
– Baik : 89,8 persen
– Buruk : 2,9 persen
– Tidak tahu : 7,3 persen

2. Polri :
– Baik : 73,1 persen
– Buruk : 22,5 persen
– Tidak tahu : 4,4 persen

3. Dewan Perwakilan Daerah (DPD) :
– Baik : 68,6 persen
– Buruk : 15,7 persen
– Tidak tahu : 15,7 persen

4. Kejaksaan :
– Baik : 68,1 persen
– Buruk : 11,9 persen
– Tidak tahu : 20 persen

5. Mahkamah Agung (MA) :
– Baik : 64,8 persen
– Buruk : 16,5 persen
– Tidak tahu : 18,7 persen

6.  Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) :
– Baik : 62,6 persen
– Buruk : 28,5 persen
– Tidak tahu : 8,9 persen

7. Mahkamah Konstitusi (MK) :
– Baik : 61,4 persen
– Buruk : 19,3 persen
– Tidak tahu : 19,3 persen

8. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) :
– Baik : 56,1 persen
– Buruk : 33,4 persen
– Tidak tahu : 10,5 persen

Hasil survei ini memberikan gambaran tentang tingkat kepercayaan publik terhadap berbagai lembaga negara di Indonesia. TNI yang memiliki citra sangat positif menunjukkan bahwa masyarakat masih menaruh harapan besar pada institusi pertahanan negara. Sementara itu, Polri yang berada di posisi kedua juga menunjukkan citra positif yang kuat, meskipun masih ada tantangan untuk meningkatkan kepercayaan publik.

Survei ini juga mengindikasikan bahwa lembaga-lembaga seperti DPD, Kejaksaan, dan MA masih perlu bekerja lebih keras untuk memperbaiki citra mereka di mata masyarakat. DPR dan KPK, meskipun masih mendapatkan penilaian baik dari sebagian besar responden, juga menghadapi tantangan signifikan terkait citra dan kepercayaan publik.

Kepercayaan publik terhadap lembaga negara sangat dipengaruhi oleh transparansi dan akuntabilitas mereka dalam menjalankan tugas. Lembaga yang mampu menunjukkan integritas dan kinerja yang baik cenderung mendapatkan citra positif di mata masyarakat. Oleh karena itu, penting bagi semua lembaga negara untuk terus berupaya meningkatkan kinerja dan transparansi mereka.

Hasil survei Litbang Kompas ini memberikan pandangan yang jelas tentang persepsi publik terhadap berbagai lembaga negara di Indonesia. Dengan TNI dan Polri yang menempati posisi teratas, survei ini menunjukkan bahwa lembaga pertahanan dan keamanan masih dianggap penting dan dapat diandalkan oleh masyarakat. Namun, tantangan tetap ada bagi lembaga-lembaga lain untuk meningkatkan citra dan kepercayaan publik. (dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here