Home Kota Palembang HUT Palembang ke-1341 : Ratu Dewa Bagikan 150 Alat Bantu untuk Penyandang...

HUT Palembang ke-1341 : Ratu Dewa Bagikan 150 Alat Bantu untuk Penyandang Disabilitas!

fhoto : ist

Palembang, bidiksumsel.com – Dalam rangka memperingati hari jadi Kota Palembang yang ke-1341, Pj Walikota Palembang Ratu Dewa menggelar acara berbagi kebahagiaan dengan menyerahkan 150 alat bantu, yang terdiri dari alat bantu pendengaran dan kursi roda, kepada para penyandang disabilitas.

Acara ini berlangsung pada hari Rabu, 12 Juni 2024, dan menjadi salah satu bentuk nyata dari kepedulian pemerintah terhadap warganya yang membutuhkan perhatian khusus.

Ratu Dewa menegaskan bahwa peringatan HUT Kota Palembang tidak hanya sekedar perayaan, tetapi harus memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat. “Kami ingin peringatan hari jadi ini benar-benar menyentuh dan bermanfaat bagi warga Palembang, khususnya para penyandang disabilitas,” ujar Ratu Dewa.

Data dari Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palembang menunjukkan bahwa jumlah bantuan untuk penyandang disabilitas tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023, melalui anggaran APBD, Pemerintah Kota Palembang memberikan bantuan berupa 30 kursi roda dan 40 tongkat bantu untuk tuna netra. Namun, pada tahun 2024, jumlah ini meningkat signifikan menjadi 50 kursi roda dan 100 alat bantu dengar, yang semuanya berasal dari APBD Kota Palembang.

Pj Walikota Palembang Ratu Dewa mengungkapkan bahwa pemberian alat bantu ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Palembang ke-1341. “Bantuan ini ditujukan untuk penyandang disabilitas, baik fisik, sensorik, mental, dan lainnya,” kata Ratu Dewa.

Menurut Ratu Dewa, saat ini ada sekitar 1.042 penyandang disabilitas di Palembang yang membutuhkan perhatian. Oleh karena itu, pihaknya berharap agar Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra “Budi Perkasa” terus bersinergi untuk membantu warga yang memerlukan.

“Kedepannya, kami sangat berharap kepada kepala Sentra Budi Perkasa untuk terus bekerja sama dalam membantu penyandang disabilitas. Kami juga berharap anggaran dari APBDP dapat terus ditingkatkan oleh Dinsos sehingga lebih banyak penerima manfaat yang bisa terbantu,” tambahnya.

Sejalan dengan pernyataan Pj Walikota, Kepala Dinas Sosial Palembang, M. Ichsanul Akmal, menyatakan bahwa pembagian kursi roda ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati hari jadi Kota Palembang ke-1341.

“Peringatan ini bukan hanya sekedar perayaan atau slogan semata, tetapi merupakan acara nyata yang harus kita lakukan, yakni bakti sosial dengan memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas,” jelasnya.

Ichsanul Akmal juga menekankan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan motivasi kepada penyandang disabilitas agar mereka merasa dihargai dan termotivasi untuk mandiri. “Dengan bantuan ini, kami berharap teman-teman disabilitas dapat merasa terangkat derajatnya dan bisa mandiri sebagaimana layaknya kita,” tutupnya.

Melalui kegiatan ini, Pemerintah Kota Palembang berharap dapat memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat, khususnya bagi penyandang disabilitas yang seringkali membutuhkan perhatian lebih. Pemberian bantuan ini diharapkan tidak hanya meringankan beban mereka tetapi juga memberikan harapan baru untuk masa depan yang lebih baik.

Dukungan dari berbagai pihak, termasuk Kementerian Sosial dan organisasi lainnya, sangat penting untuk memastikan bahwa bantuan dapat disalurkan dengan tepat sasaran dan memberikan manfaat maksimal. Sinergi antara pemerintah, organisasi, dan masyarakat luas diharapkan dapat terus terjalin untuk menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan suportif bagi penyandang disabilitas.

Dengan adanya acara pemberian bantuan ini, diharapkan peringatan HUT Kota Palembang yang ke-1341 dapat menjadi momentum untuk memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas antarwarga. Melalui langkah-langkah nyata seperti ini, Pemerintah Kota Palembang menunjukkan komitmennya untuk terus berupaya meningkatkan kesejahteraan seluruh warganya, tanpa terkecuali. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here