Home Kota Palembang Ratu Dewa Lantik Dewan Pendidikan Baru, Apa Saja Harapannya?

Ratu Dewa Lantik Dewan Pendidikan Baru, Apa Saja Harapannya?

fhoto : ist

Palembang, bidiksumsel.com – Pada hari Kamis (16/05/2024), bertempat di Aula Drs H. Aidil Fitri Syah MM Universitas PGRI Palembang, berlangsung sebuah acara penting bagi dunia pendidikan kota Palembang. Ratu Dewa, Penjabat (Pj) Walikota Palembang, secara resmi melantik para pengurus Dewan Pendidikan Kota Palembang yang baru. Pelantikan ini diadakan di Gedung Science and Business Center lantai 5 PGRI Palembang dan membawa sejumlah harapan baru bagi pendidikan di kota ini.

Dalam sambutannya, Ratu Dewa mengungkapkan harapannya agar Dewan Pendidikan yang baru dilantik dapat menjadi tempat diskusi yang konstruktif mengenai berbagai aspek pendidikan di masa mendatang. “Harapan saya, pelantikan Dewan Pendidikan Kota Palembang ini bisa memberikan masukan, saran, dan rekomendasi kepada Walikota Palembang terkait semua hal yang berhubungan dengan pendidikan,” kata Ratu Dewa.

Dengan resminya pelantikan Dewan Pendidikan Kota Palembang Periode 2024-2029, Ratu Dewa menekankan pentingnya peran dewan ini dalam menghadapi tantangan besar di dunia pendidikan. “Dewan Pendidikan ini menjadi sesuatu yang penting, apalagi tantangan begitu berat dalam menghadapi proyeksi dunia pendidikan,” ujarnya.

Ratu Dewa juga berharap Dewan Pendidikan yang baru dapat membantu Pemerintah Kota Palembang dalam berbagai aspek pendidikan, mulai dari pembangunan karakter hingga peningkatan kompetensi dan literasi. “Ini menjadi pekerjaan rumah bagi pendidikan, sehingga saya sebagai pejabat dan pimpinan di masa depan dapat terbantu,” ungkapnya.

Selain itu, Ratu Dewa menegaskan komitmennya untuk berkontribusi pada peningkatan pendidikan di kota Palembang. Salah satu program yang disebutkan adalah pengadaan seragam sekolah untuk siswa SD dan SMP. “Seragam sekolah untuk anak SD dan juga SMP, nanti akan saya minta kepada Kepala Dinas Pendidikan Kota untuk menganggarkan dan melakukan kajian yang bisa kita realisasikan,” tegasnya.

Di akhir penyampaiannya, Ratu Dewa mengingatkan pentingnya menjaga amanah sebagai cerminan dari pendidikan yang berkualitas. “Maka pesan saya, pandai-pandailah kita dalam menjaga suatu amanah, amanah apapun itu,” tutup Ratu Dewa.

Pelantikan Dewan Pendidikan Kota Palembang yang baru ini membawa harapan dan tanggung jawab besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di kota ini. Dewan Pendidikan diharapkan dapat menjadi mitra strategis bagi Pemerintah Kota Palembang dalam merumuskan kebijakan dan program-program pendidikan yang inovatif dan berkelanjutan.

Dalam konteks pendidikan, membangun karakter dan kompetensi siswa adalah hal yang esensial. Dewan Pendidikan diharapkan dapat memberikan rekomendasi kebijakan yang tidak hanya meningkatkan kualitas akademik, tetapi juga membentuk karakter siswa yang kuat dan berintegritas. Literasi juga menjadi fokus utama, mengingat pentingnya kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis dalam dunia yang semakin kompleks ini.

Komitmen Pj Walikota Palembang, Ratu Dewa, untuk menganggarkan seragam sekolah bagi siswa SD dan SMP menunjukkan perhatian nyata terhadap kebutuhan dasar pendidikan. Seragam sekolah bukan hanya sekadar pakaian, tetapi juga simbol kesetaraan dan identitas bagi siswa. Dengan adanya seragam yang layak, diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar dan rasa percaya diri siswa.

Dewan Pendidikan Kota Palembang diharapkan dapat bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah, sekolah, dan masyarakat, untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif. Kolaborasi ini penting untuk mengatasi berbagai tantangan, seperti minimnya fasilitas pendidikan, kurangnya tenaga pengajar yang berkualitas, dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam pendidikan.

Dengan kolaborasi yang baik, berbagai masalah pendidikan dapat diidentifikasi dan dicarikan solusinya secara bersama-sama. Selain itu, partisipasi aktif masyarakat dalam mendukung program-program pendidikan juga sangat diperlukan. Masyarakat yang peduli dan terlibat aktif dalam pendidikan akan membantu menciptakan generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Langkah Strategis Menuju Pendidikan Berkualitas

Untuk mewujudkan pendidikan berkualitas di Palembang, Dewan Pendidikan harus memiliki visi dan misi yang jelas serta strategi yang efektif. Beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Pengembangan Kurikulum yang Relevan: Kurikulum harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan dunia kerja. Pendidikan yang relevan akan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan masa depan.
  2. Peningkatan Kualitas Guru: Guru adalah ujung tombak pendidikan. Peningkatan kualitas guru melalui pelatihan dan pengembangan profesional akan sangat berpengaruh pada kualitas pendidikan.
  3. Penyediaan Fasilitas Pendidikan yang Memadai: Fasilitas pendidikan yang baik, seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan yang lengkap, dan laboratorium yang memadai, sangat penting untuk mendukung proses belajar mengajar.
  4. Peningkatan Partisipasi Masyarakat: Masyarakat harus dilibatkan dalam berbagai program pendidikan. Partisipasi aktif masyarakat akan membantu menciptakan lingkungan pendidikan yang kondusif.
  5. Evaluasi dan Monitoring Berkelanjutan: Evaluasi dan monitoring program pendidikan harus dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa tujuan pendidikan tercapai dan berbagai masalah dapat segera diatasi.

Dengan langkah-langkah strategis ini, diharapkan kualitas pendidikan di Kota Palembang dapat meningkat secara signifikan. Dewan Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam merumuskan kebijakan dan program-program pendidikan yang inovatif dan berkelanjutan. Melalui kerja sama dan komitmen yang kuat, Palembang dapat menjadi kota dengan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here