Home Sumsel Muba Pertarungan Pengetahuan dan Kecerdasan : Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an di MTQ...

Pertarungan Pengetahuan dan Kecerdasan : Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an di MTQ Sumsel

fhoto : ist

Muba, bidiksumsel.com – Lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXX tingkat Provinsi Sumatera Selatan resmi dimulai di Kabupaten Musi Banyuasin pada Sabtu (4/5/2024). Hari pertama pelaksanaannya berjalan dengan sangat baik dan lancar. Sejumlah cabang lomba dilaksanakan sesuai jadwal, salah satunya adalah lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ).

Lomba karya tulis tersebut diadakan di Auditorium Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang, terdiri dari 10 orang putra dan 10 orang putri. Ketua Dewan Hakim Cabang Lomba KTIQ Kabupaten Muba, Topan Saputra SPd.I, menjelaskan bahwa lomba karya tulis ilmiah ini mengangkat dua tema, yaitu tentang pemberdayaan ekonomi umat dan IT.

Menurutnya, lomba karya tulis ilmiah Al-Qur’an ini bertujuan untuk membina peserta dalam membuat karya ilmiah yang berbasis pada konten Al-Qur’an.

“Peserta menulis makalah sekitar 10-15 lembar, mereka diperbolehkan membawa laptop, namun dengan sistem pakai silang antar peserta agar mencegah praktek copy-paste. Selain itu, mereka juga diperbolehkan membawa buku, jurnal, dan referensi yang sesuai dengan tema yang diberikan,” jelasnya.

Saat ini, lomba masih berada pada tahap penyisihan. “Nanti malam baru akan dilakukan penilaian. Peserta yang lolos akan masuk ke babak semifinal, di mana 6 peserta laki-laki dan 6 peserta perempuan akan melaju ke babak tersebut. Selanjutnya, mereka akan diminta untuk menulis ulang makalah mereka untuk babak final. Di babak final, peserta akan mempresentasikan makalahnya di depan dewan hakim, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta diwajibkan untuk bisa mempertahankan ide-ide yang mereka tulis dengan argumen ilmiah yang kuat,” tambahnya. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here