Home Sumsel Muba Antusiasme Tinggi di Hari Kedua MTQ Sumsel : Ribuan Penonton Memadati Venue...

Antusiasme Tinggi di Hari Kedua MTQ Sumsel : Ribuan Penonton Memadati Venue Lomba

fhoto : ist

Muba, bidiksumsel.com – Hari kedua rangkaian Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXIX tingkat Provinsi Sumatera Selatan tahun 2024 yang diselenggarakan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) pada hari Minggu, (5/5/2024), berjalan dengan lancar.

Delapan lokasi berbeda menjadi tempat penyelenggaraan perlombaan, yaitu Masjid Al Asri, Gedung Darma Wanita, Masjid Al Karim Noer, Stable Berkuda, Masjid Jami’ An-Nur, Opproom Pemkab Muba, Workshop PU Perkim, dan Hotel Ranggonang.

Berbagai kegiatan perlombaan dilaksanakan di tempat-tempat tersebut. Lomba Tahfidz Al Quran 10 Juz diadakan di Masjid Al Asri, sementara Lomba Tahfidz Al Quran 1 Juz dan Tilawah berlangsung di Gedung Darma Wanita. Lomba Tafsir Al Quran Bahasa Arab diadakan di Masjid Al-Karim Noer, Lomba Tilawah Remaja digelar di Stable Berkuda, Lomba Qiroat Murottal Dewasa di Masjid Jami An Nur, Lanjutan Lomba Fahmil al Quran di Opproom Pemkab Muba, Lomba Khattil Al Quran Golongan Mushaf dan Dekorasi diadakan di Workshop PU PERKIM, dan Penilaian Lomba KTIQ dilaksanakan di Hotel Ranggonang.

Salah satu cabang perlombaan yang paling menonjol adalah Syarhil Quran. Menurut Koordinator Bidang Perlombaan Qiroat Murottal, Megawati, pelaksanaan perlombaan Qiroat Murottal di hari kedua berjalan dengan baik.

“Qiroat Murottal atau Qiraat murattal merupakan ilmu pembacaan Al-Quran dari berbagai Imam yang ada di dunia. Para peserta lomba ini mencabut maqra sebelumnya, dan menampilkan qiraat murattal sesuai dengan ketentuan maqra yang telah di dapatkannya. Untuk cabang lomba ini, peserta di tuntut untuk mengetahui dan memahami berbagai ilmu pembacaan Al-Quran sehingga menampilkan kemampuannya secara totalitas dengan gaya pembacaan yang tergolong unik,” jelasnya.

Megawati menambahkan bahwa antusiasme penonton cukup tinggi pada hari kedua. “Alhamdulillah, hari ini para penonton cukup ramai, luar biasa. Dari siswa/siswi MTsN pun datang untuk menyaksikan kegiatan salah satu rangkaian perlombaan MTQ. Dengan menonton kegiatan ini, para siswa/siswi dapat menambah pengetahuan tentang Qiroat Murrotal. Tentunya, harapan kita agar semua tempat perlombaan mendapat animo yang sama dari penonton yang ingin menyaksikan secara langsung,” tambahnya. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here