Home Sumsel Muba Pj Bupati Muba Langsung Aksi, Tinjau Perbaikan Infrastruktur Jalan di Desa Talang...

Pj Bupati Muba Langsung Aksi, Tinjau Perbaikan Infrastruktur Jalan di Desa Talang Mandung

fhoto : ist

Muba, bidiksumsel.com – Pada hari pertama akhir pekan di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Penjabat (Pj) Bupati Muba, H. Sandi Fahlepi, turun langsung untuk memeriksa perbaikan infrastruktur jalan di Desa Talang Mandung, Kecamatan Jirak Jaya, pada Sabtu (27/4/2024).

Kedatangan Sandi Fahlepi ke lokasi tidak hanya sekadar peninjauan, namun juga untuk berdialog langsung dengan warga setempat dan mengecek kondisi jalan. Di sana, Sandi juga mendengarkan keluhan warga terkait dampak kerusakan jalan terhadap aktivitas mereka sehari-hari.

Menyikapi keluhan tersebut, Pj Bupati Muba ini menegaskan komitmennya untuk segera menyelesaikan perbaikan jalan yang rusak. Dia memerintahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Muba untuk bekerja maksimal dan menyelesaikan perbaikan secepat mungkin.

“Hari ini kita melakukan peninjauan langsung untuk melihat kondisi jalan rusak yang sedang diperbaiki di Desa Talang Mandung. Kunjungan ini adalah langkah konkret dalam menanggapi keluhan masyarakat terkait kondisi jalan yang memprihatinkan di beberapa daerah,” ujar Sandi.

Sandi Fahlepi juga menekankan pentingnya koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut, untuk turut serta berkontribusi dalam perbaikan jalan.

“Perbaikan jalan rusak di Kabupaten Muba merupakan salah satu program prioritas yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten. Oleh karena itu, kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas infrastruktur di seluruh wilayah Muba, demi mewujudkan Muba yang Maju bersama,” ungkapnya.

Kepala Dinas PUPR Muba, Alpa Elan SST MPSDA, menjelaskan bahwa perbaikan ruas jalan di Kecamatan Jirak Jaya akan segera dimulai. Pemkab Muba melalui Dinas PUPR akan melakukan lelang perbaikan jalan tersebut, dengan mengalokasikan anggaran sebesar Rp18 Miliar untuk dua ruas jalan tersebut.

“Perbaikan jalan Desa Jirak – Mekar Jaya akan menggunakan anggaran sebesar Rp10 Miliar, sementara untuk jalan Desa Layan – Bangkit Jaya sebesar Rp8,3 Miliar. Dana tersebut berasal dari APBD Induk Tahun Anggaran 2024,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa proses kontrak pengerjaan perbaikan jalan akan segera dilakukan. Untuk menyiasati kondisi rusaknya ruas jalan saat ini, Pemerintah Kecamatan Jirak Jaya bersama perusahaan di daerah sekitar akan melakukan perbaikan darurat.

“Tujuannya agar aktivitas masyarakat tidak terganggu. Melalui Camat Jirak Jaya, kami melibatkan perusahaan-perusahaan setempat untuk melakukan perbaikan darurat,” jelasnya.

Alpa Elan juga merinci rencana perbaikan, bahwa jalan Desa Jirak – Mekar Jaya akan menggunakan beton dengan panjang 1.470 m, lebar 5 m, dan tebal 25 cm. Sementara itu, jalan Desa Layan – Bangkit Jaya juga akan menggunakan beton dengan panjang 1.230 m, lebar 5 m, dan tebal 25 cm.

Selain itu, untuk kondisi jalan di Desa Talang Mandung, telah diajukan untuk dibangun pada tahun anggaran 2025. “Sudah diajukan dan akan menjadi prioritas,” tambahnya.

Kepala Desa Talang Mandung, Lilin Ardini, menyatakan bahwa jalan ini merupakan satu-satunya akses yang digunakan oleh masyarakat. “Oleh karena itu, kami sangat berharap agar perbaikan jalan segera dilakukan. Kami sangat berterima kasih kepada Pak Bupati Sandi Fahlepi yang telah mengunjungi dan merespons dengan sangat baik,” tandasnya.

Dalam peninjauannya, Pj Bupati Sandi Fahlepi didampingi oleh beberapa pejabat terkait, antara lain Kepala Dinas PUPR Kabupaten Muba Alva Elan SST MPSDA, Camat Jirak Jaya Andi Suharto SSTP MSi, Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Muba Sunaryo SSTP MM, Kabag Protokol Muhammad Agung Perdana SSTP Msi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba yang diwakili oleh Kepala Bidang Komunikasi Publik Achmad Kartiko Buwono SE MM, serta Kasat Pol PP Erdian Syahri yang diwakili oleh Fungsional Ahli Muda Sat Pol PP Arizal. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here