Home Berita Pemprov Sumsel Bentuk Tim Pencegahan Karhutla 2020 Bersama KLHK RI

Sumsel Bentuk Tim Pencegahan Karhutla 2020 Bersama KLHK RI

Rapat karhutla

PALEMBANG – Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar melakukan video conference bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Bambang Hendroyono dalam rangka pencegahan kebakaran hutan dan lahan tahun 2020.

Sekda Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar mengatakan, sangat memahami bahwa Sumsel sebagai salah satu provinsi rawan karhutla karena memiliki lahan gambut terluas ke dua di wilayah Sumatra.

Menurutnya, dalam kaitan antisipasi karhutla tahun 2020, Pemprov Sumsel bersama kabupaten/kota telah bersinergi dan berkomitmen melakukan pencegahan karhutlah.

“Selain itu, telah membentuk tim terpadu dengan 7 bidang kelompok kerja sehingga kita siap memaksimalkan pelaksanaan pencegahan karhutlah di wilayah Sumsel,” ungkapnya.

Hasil vidcon itu langsung ditindak lanjuti dengan menugaskan Kepala Dinas kehutanan Provinsi Sumsel melaksanakan rapat internal bersama stakeholder terkait untuk menetapkan rencana kerja, kemudian segera menyelisaikan surat keputusan tentang Gugus Tugas Tapak Provinsi Sumsel.

Sementara itu, Sekjen KLHK RI Bambang Hendroyono dikesempatan itu memberikan usulan untuk antisipasi karhutlah berbasis Tapak yaitu membentuk tapak-tapak Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) di sejumlah titik rawan karhutla dan pencegahan karhutla melalui pemulihan lahan gambut.

Menurutnya, sebagai pengelola di tingkat tapak, KPH berkewajiban mengelola kawasan hutan secara lestari sesuai fungsinya dengan memerhatikan aspirasi, peran serta dan nilai budaya masyarakat serta lingkungan setempat.

“Sumatera Selatan sebagai salah satu daerah yang juga menjadi perhatian kita, diharapkan dapat membentuk tapak-tapak KPH dimaksud,” katanya.

Hadir pada video conference itu, Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumsel H. Iriansyah., S.Sos., SKM, M.Kes., Kadishut Sumsel Pandji Tjahjanto, S.Hut. M.Si, Kadis LHP Sumsel Drs. H. Edward Chandra, M.H., Kadis Kominfo Sumsel H. Achmad Rizwan, S. STP, MM., dan Kepala Sta. Klim. Kelas I, BMKG Palembang, Nuga Putratijo, SP., M.Si. (nim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here