Home Nasional   Raker Komisi V DPR RI dengan Kementerian PUPR, Ir H Eddy Santana...

  Raker Komisi V DPR RI dengan Kementerian PUPR, Ir H Eddy Santana Usulkan Perbaikan Akses Masuk Tol

Anggota DPR RI Ir H Eddy Santana Putra MT saat raker bersama Kementerian PUPR

JAKARTA – Rapat Komisi DPR RI Komisi V kembali digelar dengan  Kementerian PUPR membahas program Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021, yang digelar secara fisik di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Rabu 24 Juni 2020.

Dalam raker tersebut, Anggota DPR RI Dapil Sumsel 1, Ir H Eddy Santana Putra MT mengusulkan perlu ada peningkatan koordinasi PUPR dan stakeholder. Tak hanya itu, juga mengusulkan perbaikan akses masuk tol Lampung dan Sumsel.

Dari hasil kunjungan terlihat khususnya pada akses keluar masuk tol di Sumatera masih terlihat banyak kumuh dan ini harus menjadi perhatian Kementerian PUPR.  Juga perlunya normalisasi daerah rawa sebagai resepan air untuk mencegah banjir disaat musim hujan dan mencegah kebakaran lahan pada saat musim kemarau.

‘’Selain itu, tak kalah pentingnya adalah  perbaikan sarana dan prasarana air bersih bagi masyarakat. Sebab air bersih adalah kebutuhan dasar bagi masyarakat,’’ ujar Eddy Santana Legislator dari Fraksi Gerindra ini.

Walikota Palembang dua periode ini, menuturkan bahwa ia mendukung apa yang telah direncanakan Kementerian PUPR dalam pagu indikatif Tahun Anggaran 2021.

“Jadi, efektivitas dan efisiensi mohon menjadikan perhatian agar bisa tercapai jika ada koordinasi antar lembaga yaitu antara Kemenhub-PUPR,” tandas Eddy mengingatkan.

Selain itu, ungkap alumni Fakultas Teknik Unsri ini, ada program prioritas untuk meningkatkan konektivitas antar sarana prasarana yang satu dengan yang lain dalam rangka mendukung percepatan perkembangan perekonomian. Terutama, dalam percepatan transportasi.

Seperti, pembangunan tol Sumsel harus connectivity dari jalan tol sampai pada kabupaten-kabupaten tertentu di sekitar jalur tol. Meskipun, ini sarana prasarana atau pintu jalan tol itu disediakan PUPR, tetapi ini juga ada kaitannya dengan kewenangan Kemenhub dalam percepatan transportasi.

‘’Percepatan transportasi ini akan menghasilkan adanya efisiensi costproduksi dan juga adanya percepatan perekonomian nasional,” papar legislator dapil Sumsel I, itu. (dan)

>

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here