Home Sumsel OKI Mengukir Warisan Budaya : Pelatihan Batik Perahu Kajang di OKI

Mengukir Warisan Budaya : Pelatihan Batik Perahu Kajang di OKI

fhoto : ist

OKI, bidiksumsel.com – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), telah mengirimkan lima pengerajin batik ke Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mengikuti pelatihan membatik.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan para pengrajin di OKI dalam membatik, khususnya dalam menciptakan motif batik perahu Kajang.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten OKI, Suhami, AP, M. Si, kelima pengrajin yang terpilih memiliki pengalaman dalam membatik dan juga minat yang tinggi untuk mengembangkan keterampilan mereka.

Mereka mengikuti pelatihan selama beberapa hari di Kulon Progo, Yogyakarta, di mana mereka belajar berbagai teknik membatik mulai dari dasar hingga teknik yang lebih rumit. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan pengetahuan tentang strategi pemasaran.

Suhami juga menjelaskan bahwa pihak Diskop UKM OKI terus berupaya mengembangkan batik khas OKI, terutama motif perahu Kajang, yang merupakan bagian penting dari warisan budaya masyarakat setempat.

Melalui pelatihan ini, diharapkan keterampilan para pengrajin dapat ditingkatkan sehingga mereka mampu menghasilkan batik yang lebih berkualitas dan kompetitif di pasar.

Ketua Dekranasda OKI, Sukmawati Asmar, menegaskan bahwa pihaknya akan memberikan pendampingan dan memastikan para pengrajin mendapatkan pelatihan yang maksimal.

Mereka diharapkan akan kembali dengan pengetahuan dan pengalaman baru yang dapat meningkatkan kualitas batik di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Para peserta akan mendapatkan materi pelatihan yang komprehensif, termasuk teknik dasar dan lanjutan dalam membatik, penggunaan pewarna alami, serta desain motif batik yang sesuai dengan tren saat ini. Mereka juga akan memiliki kesempatan untuk belajar langsung dari para pengrajin batik terkemuka di Yogyakarta. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here