Home Sumsel OKI Vaksinasi Covid-19, Puskes Cengal Juga Bidik ODGJ dan Penyandang Disabilitas

Vaksinasi Covid-19, Puskes Cengal Juga Bidik ODGJ dan Penyandang Disabilitas

fhoto:bidiksumsel.com/daniel

OKI, bidiksumsel.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten OKI, melalui Puskesmas Cengal mulai membidik vaksinasi Covid-19 terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan penyandang disabilitas yang dilakukan dari rumah ke rumah (door to door). Senin, (21/06/2021)

ini dilakukan demi memutus Mata Rantai Covid 19 dan memulihkan ekonomi masyarakat.

Kepala Puskesmas Cengal, Wasilah SKep, MKes mengatakan, bahwa pelaksanaan vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas, baik disabilitas fisik maupun mental, mulai dilakukan pada 1 Juni 2021 dengan penyuntikan pertama vaksinasi Covid-19 pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di puskesmas puskesmas.

“Hal ini seiring dengan program pemerintah melalui Menteri Kesehatan RI, yang mencanangkan vaksinasi bagi penyandang disabilitas, baik disabilitas fisik maupun mental. Penyandang disabilitas dapat dilayani di seluruh fasilitas kesehatan/sentra vaksinasi manapun dan tidak terbatas pada alamat domisili KTP,” ujarnya.

Menurut dia, masyarakat diharapkan tidak menolak dan menunda pelaksanaan vaksinasi ini. Sebab, vaksin tersebut penting dilakukan agar masyarakat memiliki antibodi sehingga tidak mudah terpapar Covid-19.

Untuk pelaksanaannya, dibutuhkan kerja sama dengan komunitas, organisasi lokal, dan pihak swasta untuk melakukan mobilisasi, mendaftarkan, dan mengatur penyandang disabilitas ke fasilitas pelayanan kesehatan tempat pelayanan vaksinasi C0vid-19.

Sementara, Camat Cengal, Herkules menjelaskan, bahwa para penyandang disabilitas itu dilakukan vaksinasi di puskesmas terdekat sesuai dengan wilayah mereka masing-masing. Sedangkan khusus untuk pasien ODGJ, petugas puskesmas mendatangi lokasi pasien untuk memberikan vaksin.

“Ingat untuk tetap disiplin protokol kesehatan 3M setelah mendapatkan vaksinasi yaitu Memakai masker, Menjaga jarak serta hindari kerumunan, dan rutin Mencuci tangan pakai sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer,” himbaunya. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here