Home Sumsel OKI Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemkab OKI Gali Potensi Desa

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Pemkab OKI Gali Potensi Desa

fhoto:bidiksumsel.com/daniel

OKI, bidiksumsel.com – Dalam rangka meningkatkan perekonomian melalui potensi yang ada di lingkungan pedesaan, Pemkab OKI melalui pemerintahan kecamatan menggali potensi dengan melakukan pembinaan di desa desa. Senin, (21/06/2021)

Seperti pemberian pembinaan oleh pihak Kecamatan Lempuing yang dilaksanakan di Desa Bumi Arjo Makmur.

Camat Lempuing, Sujito mengatakan, bahwa pihaknya kian berupaya meningkatkan perekonomian melalui potensi yang ada di lingkungan pedesaan, sekaligus membantu perekonomian masyarakat khususnya di desa pada masa pandemi ini.

Serta agar tetap menghasilkan income untuk kesejahteraan keluarga mereka. Selain dalam rangka persiapan Lomba Hatinya PKK Tingkat Provinsi nanti.

“Kenapa harus di desa, karena masyarakat itu banyaknya di desa. Jadi, membantu perekonomian dapat berangkat dari desa.
Upaya ini memang dimaksudkan untuk mendorong tingkat kesejahteraan perekonomian masyarakat di pedesaan. Seperti halnya saat ini, pembinaan di Desa Bumi Arjo Makmur yang masyarakatnya memiliki potensi untuk diunggulkan, contohnya saja seperti bidang peternakan dan perikanan yang ada di desa tersebut,” ungkapnya.

Di sisi lain, lanjut dia, masih banyak potensi desa yang belum di berdayagunakan secara optimal karena terkendala berbagai faktor. misalkan, rendahnya kualitas sumberdaya manusia di pedesaan, rendahnya aksesibilitas masyarakat pedesaan dalam memperoleh pelayanan dasar untuk mengembangkan usaha ekonomi.

Selain itu juga, seperti sumber pembiayaan, informasi, dan teknologi, terbatasnya infrastruktur yang mendukung pengembangan desa. “Pengembangan potensi desa juga bertujuan menyelesaikan persoalan kebutuhan dasar warga, dengan mendayagunakan dan mengoptimalkan potensi sumberdaya ekonomi (perikanan, pertanian, peternakan, perikanan, industri kecil dan lain-lain), sosial, dan lingkungan hidup untuk kesejahteraan masyarakatnya secara mandiri,” kata Sujito

Ia berharap, semoga masyarakat Desa Bumi Arjo Makmur, tetap semangat dan konsisten dalam mendukung program pemerintah yang baik ini. “Karena tanpa dukungan dan semangat masyarakat Desa Bumi Arjo Makmur Kegiatan tersebut tidak akan berhasil,” pungkasnya. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here