Home Nasional Tim Dewan Pers, Verifikasi Faktual ke Kantor bidiksumsel.com

Tim Dewan Pers, Verifikasi Faktual ke Kantor bidiksumsel.com

Palembang, bidiksumsel.com – Sebagai verifikasi faktual terhadap media, Tim Dewan Pers mengunjungi kantor redaksi media bidiksumsel.com di Jalan Nilakandi Keramasan Kertapati Palembang. Selasa malam, (25/05/2021)

Kedatangan Tim Verifikasi Faktual Dewan Pers, hadir Tenaga Ahli Dewan Pers, Marah Sakti Siregar dan Kasubbag Pengembangan Pers, Uci Sri Lestari.

Kehadiran Tim Dewan Pers diterima baik jajaran redaksi maupun manajemen PT Media Pena Nusantara sebagai penerbit bidiksumsel.com. Seperti Pemimpin Redaksi Kawar Dante, Diana Kusumaladewi wartawan, serta Wahyudi SHI Direktur, dan Prety Damayanti manajer Keuangan.

Dalam kesempatan itu, Tim Dewan Pers memeriksa semua persyaratan yang sudah diajukan sebelumnya.

Dalam verifikasi faktual sendiri, jajaran manajemen bidiksumsel.com menunjukkan berkas administrasi asli maupun fakta-faktanya bahwa memang benar telah memenuhi semua persyaratan yang diminta oleh Undang-undang Pokok Pers No 40 Tahun 1999 maupun peraturan Dewan Pers.

Termasuk Tim Dewan Pers melihat langsung ruang redaksi, ruang rapat, ruang bagian administras/iklan dan ruang tamu kantor redaksi di Jalan Nilakandi Lorong Semendo RT.033 Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Kertapati Palembang.

Dikatakan Marah Sakti Siregar, bahwa verifikasi faktual merupakan bagian penting bagi sebuah perusahaan Pers. Verifikasi faktual diperlukan untuk membuat keputusan final bahwa sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya dalam memproduksi berita.

“Verifikasi media adalah proses pemeriksaan terhadap perusahaan pers untuk menentukan data dan informasi yang disampaikan benar atau tidak. Sebuah media akan disematkan sebagai ‘media terverifikasi’ jika sudah terbukti dijalankan sesuai dengan ketentuan sebuah perusahaan pers,” ujar Marah Sakti Siregar.

Dalam kesempatan itu, banyak pertanyaan yang diajukan oleh Tim Dewan Pers, seperti segmen media, kelengkapan administrasi dan jumlah pegawai/wartawan. Termasuk kebijakan perusahaan mengenai gaji, tunjangan maupun bonus dan THR karyawan.

“Ya kami sudah memeriksa semua kelengkapan administrasi media online bidikSumsel.com. Secara umum sudah lengkap dan baik tinggal lagi ada beberapa catatan yang perlu diperbaiki. Nanti, Tim Dewan Pers akan melaporkan pada rapat pleno di Jakarta dan dikeluarkan pengumuman hasil verifikasi faktual ini dalam beberapa hari kedepan,” jelasnya.

Sementara, Pemimpin Redaksi bidiksumsel.com, Kawar Dante mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap kinerja Dewan Pers yang melakukan peran aktifnya mendata dan memberikan edukasi tata kelola administrasi yang harus dilakukan oleh sebuah media.

“Sebagai perusahaan media online di Sumsel, verifikasi faktual ini sangat penting dan perlu untuk mendapat predikat terverifikasi Dewan Pers. Nantinya, sebagai bukti bahwa sebuah perusahaan media bidiksumsel.com mampu menjaga kepercayaan publik dengan konten berita yang berkualitas dan menjadi mitra pemerintah, menyuarakan aspirasi masyarakat. Sesuai dengan moto media kami, membidik secara Cerdas, Ikhlas, dan Tuntas.” Singkat Kawar Dante. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here