Home Sumsel Terminal Karya Jaya Bakal Jadi Terminal Multi Moda

Terminal Karya Jaya Bakal Jadi Terminal Multi Moda

PALEMBANG – Geliat terminal Karya Jaya yang kian meredup akan kembali ditata dengan memanfaatkan terminal Terminal Tipe A ini sebagai terminal multi moda.

 Rencananya terminal yang berada di jalan Palembang – Indralaya ini akan mengintegrasikan angkutan darat, sungai sekaligus kereta api.

“Rencana pembangunan terminal multi moda ini agar terminal yang dikelola Kementrian Perhubungan ini bisa lebih hidup,” ungkap Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau langsung Terminal Karya Jaya Kertapati, Rabu (5/2/2020).

Eks Bupati OKU Timur ini mengatakan, dengan adanya rencana ini dipastikan pusat pun akan terbuka dan mendukung. Hal itu lantaran terminal akan bisa dimanfaatkan masyarakat sebagaimana mestinya.

“Mereka (pusat) senang saja daripada ini tidak dimampiri orang. Semua akan terfokus disini,” ujar HD sapaan akrabnya.

Mewujudkan hal ini, Pemprov Sumsel akan membangun akses jalan dari belakang terminal Karya Jaya menuju ke rel kereta api dan dermaga sungai Musi yang berada sekitar 300-400 meter.

“Terminal ini nantinya bisa untuk peti kemas, angkutan penumpang dari bus, kereta api ataupun sungai. Maupun angkutan barang dari kereta api ataupun sungai,” terangnya.

HD menambahkan untuk pengerjaaan akses dan sarpras yang diperlukan untuk terminal Karya Jaya ini, pihaknya berencana akan menggunakan APBD Sumsel .”Selain itu, pemerintah daerah juga akan mengajukan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan untuk anggaran jika APBD tidak mencukupi,” ujar Gubernur Sumsel ini. (imn)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here