Home Berita Pemprov Sumsel Komitmen Dukung Perlindungan Konsumen Dimasa Pandemi Covid-19

Sumsel Komitmen Dukung Perlindungan Konsumen Dimasa Pandemi Covid-19

Rapat zoom Perlindungan Konsumen dimasa pandemi

PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Prof. Dr. Edward Juliartha, MM., mengikuti sosialisasi Raksa Nugraha Indonesia Consumer Protection Award (ICPA) 2020 dengan tema “Perlindungan Konsumen dimasa Pandemi Covid-19” diselenggarakan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI melalui aplikasi Zoom Meeting di Sumsel Command Center, Kantor Gubernur Sumsel, Selasa (7/7/2020).

ICPA 2020 ini merupakan bentuk apresiasi kepada pelaku usaha, Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang telah berupaya memberikan komitmen perlindungan konsumen, merupakan yang kedua kalinya digelar.

Perbedaan ajang ICPA tahun ini selain pelaksanaan penilaian harus melalui video conference karena pandemi Covid-19. Juga, ada kriteria tambahan yaitu penghargaan untuk 2 kategori yakni Kategori Entitas Privat yang terdiri dari(BadanUsaha/BUMN/BUMD),dan Kategori Entitas Publik (mencakup Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian/Lembaga atau Pemda dalam hal ini Pemerintah Provinsi).

Pada penyelenggaraan Raksa Nugraha ICPA ini, BPKN bekerja sama dengan Lembaga pemeringkat Independen yaitu The Indonesian Institut for Corporate Governance dan Majalah SWA, serta mitra media iNews dan Trijaya FM. Penilaian menggunakan model Malcolm Baldridge National Quality Award.

Ketua BPKN Ardianyah Parman mengungkapkan, pelaku usaha yang mendaftar lebih beragam menggambarkan 9 sektor prioritas perlindungan konsumen, yaitu sektor makanan dan obat -obatan, sektor transaksi perdagangan melalui sistem elektronik, sektor jasa keuangan,

Kemudian, sektor perumahan, sektor jasa transportasi, sektor jasa layanan kesehatan, sektor telekomunikasi, sektor energi dan sektor barang elektronik telematika dan kendaraan bermotor.

“Untuk kategori entitas public tentu menjadi hal baru karena inisiatif strategis Kementerian/Lembaga maupun pemda untuk perlindungan konsumen sangat penting dimasa covid ini khususnya upaya edukasi dan sosialisasi atas kebijakan-kebijakan yang langsung bisa diterapkan di masing-masing daerah,” ujarnya.

Adapun Pendaftaran Raksa Nugraha ICPA 2020 diakses pada tanggal 22 juni – 24 Juli 2020 melalui website. Batas akhir penerimaan berkas 30 Juli 2020 dan malam penghargaan akan dilaksanakan Akhir Agustus-September 2020. (nim)

>

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here