Home Sumsel OKI Siapkan Program RKPDesa, Kecamatan Lempuing Lakukan MusDes Perencanaan Pembangunan

Siapkan Program RKPDesa, Kecamatan Lempuing Lakukan MusDes Perencanaan Pembangunan

fhoto : Kecamatan Lempuing Kabupaten OKI lakukan MusDes Perencanaan Pembangunan di Aula Kecamatan setempat/(bidiksumsel.com/daniel)

OKI, bidiksumsel.com – Guna mengambil kesepakatan dan keputusan atas hal-hal yang bersifat strategis serta dalam rangka mempersiapkan Program Penyusunan RKPDesa (Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa) tahun berikutnya.

Pihak Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI beserta perangkat desa, melaksanakan Musyawarah Desa (MusDes) Perencanaan Pembangunan Desa Tahun Anggaran 2022. Kamis, (02/09/2021).

Dalam kegiatan itu, Camat Lempuing, Sujito berpesan agar dalam Musdes tersebut, di tahun 2022 perencanaan pembangunan di desa bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Sehingga pelaksanaan pembangunan bisa optimal. Selain itu agar bersama-sama bersinergi dalam membangun desa ke depannya, sehingga bisa mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

“Musyawarah Desa Perencanaan Pembangunan Desa bertujuan untuk menyusun perencanaan desa yang baik dan matang dalam menentukan pokok-pokok kebijakan arah pembangunan Desa di wilayah Kecamatan Lempuing khususnya untuk tahun anggaran 2022 yang akan datang,” ujarnya

Sementara, Kepala Desa Tugu Jaya, Junaidi menyampaikan, Musyawarah Desa ini merupakan langkah awal penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKP-Desa) tahun 2022.

Dalam musyawarah desa tersebut, agenda yang dibahas adalah mencermati ulang dokumen RPJM Desa untuk kegiatan tahun 2022. Selanjutnya sesuai tahapan setelah dilaksanakannya Musyawarah Desa ini adalah pembentukan tim penyusun RKP Desa untuk menyiapkan program-program kerja yang nantinya akan dibahas kembali dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) mendatang.

“Keberhasilan suatu program pembangunan itu, tentunya diawali dengan perencanaan yang baik dan tepat. Pembangunan fisik atau non fisik dimulai dengan perencanaan yang matang, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik, tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Musdes dilaksanakan sesuai dengan protokoler kesehatan dan juga Inpres Nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid 19, yaitu Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan sabun. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here