Home Kota Palembang Sekolah Filial Anak Jalanan dapat Bantuan dari Diknas

Sekolah Filial Anak Jalanan dapat Bantuan dari Diknas

Diknas bantuan sekolah filial

PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Pendidikan menyerahkan bantuan ke sekolah filial di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas, Jalan Inspektur Marzuki, Pakjo.

Sekolah filial merupakan program membantu anak-anak jalanan, anak-anak yang berhadapan dengan hukum, dan anak-anak putus sekolah agar tetap bisa melanjutkan pendidikan.

Program ini tersedia mulai dari jenjang Sekolah Dasar, SMP dan SMA dengan kurikulum yang sama seperti sekolah formal lainnya. Mereka juga dapat ijazah yang terakreditasi.

“Jadi, tidak ada alasan lagi ada anak yang tidak bisa sekolah. Karena alasan biaya dan lainnya. Pemerintah akan fasilitasi,” ujar Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa, usai mengunjungi sekolah itu, Senin (7/12/2020).

Ia menyebutkan, sekolah filial salah satu inovasi Pemkot Palembang yang mendapat penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Tak hanya di level nasional, kata Dewa, negara-negara luar juga mengakui inovasi Pemkot Palembang melalui Dinas Pendidikan. “Mereka mengakui ini adalah terobosan baru, yang memberikan pencerahan, terutama bagi dunia pendidikan,” kata Dewa pula.

Ia menambahkan, Pemkot Palembang akn terus mendukung dan memfasilitasi, sarana maupun prasarana untuk perkembangan sekolah filial.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto, mengatakan, ada 10 items bantuan yang disalurkan untuk sekolah filial Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas I Pakjo.

Antara lain, mobiler, papan tulis, bangku kursi anak, kemudian lemari, loker-loker, AC hingga CCTV.

“Ini semua adalah hasil karya jeripayah LPKA sendiri. Karena kita tahun kemarin mendapatkan DID (Dana Insentif Daerah, karena menerima penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik, red). Sebagian dana itu kita berikan ke LPKA untuk pengembangan pendidikan,” ujar Zulinto.

Sementara itu, Kepala LPKA Kelas I Palembang, Tri Wahyudi, mengapresiasi bantuan dari Pemkot Palembang.¬†“Ini bentuk kepedulian dari pemerintah kota terhadap pendidikan. Kami ucapkan terima kasih atas bantuannya.” ujarnya. (mnn)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here