Home Palembang Sah, Saharudin Dilantik Jadi Ketua DPD HAPI Sumsel

Sah, Saharudin Dilantik Jadi Ketua DPD HAPI Sumsel

fhoto : Sekjen HAPI, A Yetty Lentari saat menyerahkan Pataka ke Ketua DPD HAPI Sumsel yang baru di lantik, Saharudin, SH/(bidiksumsel.com/dkd)

Palembang, bidiksumsel.com – Sekretaris Jendral Himpunan Advokat Pengacara Indonesia (HAPI) A Yetty Lentari, S.H, M.H secara langsung melantik Saharudin, SH sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HAPI Provinsi Sumatera Selatan.

Acara pelantikan tersebut di laksanakan di Grand Inna Daira Hotel Palembang. Rabu (29/07/2021)

Ketua DPD HAPI Sumsel yang baru dilantik, Saharudin SH mengatakan, pelantikan ini merupakan legal standing publik yang artinya pelantikan ini semua publik bisa mengakses dan bisa mengetahui akan keberadaan HAPI di Sumsel.

“Kami mengusung dari pada visi misi bagaimana untuk anggota kami menjalankan profesi dan menjalankan kuasa untuk mengedepankan integritas, profesional, tanggung jawab, independen, dan tentunya bertanggungjawab terhadap klien nya atau perkara yang sedang di jalani,” jelasnya.

Setelah pelantikan ini, pihaknya akan segera pembenahan diri untuk rekrutmen terhadap anggota- anggota baru dan pihak nya akan melaksanakan kerjasama dengan perguruan tinggi, instansi kepolisian maupun instansi lain yang berkaitan dengan hukum.

“Kami juga akan membuka PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokat) untuk kepolisian, ASN maupun mahasiswa-mahasiswi jurusan hukum, yang mana mulai dari semester V mahasiswa tersebut sudah di perbolehkan mengikuti pendidikan tersebut,” ujarnya.

Masih kata Saharudin, pihaknya juga akan menyusun program kerja yang bertujuan demi kepentingan masyarakat dan demi kesejahteraan masyarakat.

“Kita peka, kita tidak menutup mata, kita tidak menutup telinga, kita sangat prihatin, yang paling penting HAPI akan membantu terutama masyarakat yang butuh bantuan hukum,” katanya.

Saharudin menegaskan, bahwa HAPI itu tidak terikat, HAPI tidak monoton, HAPI selalu mempunyai suatu solusi, solusi baik itu menghadapi perkara baik bagaimana bersinergi dengan institusi -institusi lain, pihaknya selalu mempunyai motivasi dan HAPI ini adalah jiwa milik bersama.

“Tentunya kami berharap semua rekan rekan yang belum Advocad atau masih berstatus mahasiswa atau masih ASN itu jangan urung kan niat untuk mengikuti PKPA,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang sempat hadir mengatakan bahwa HAPI ini merupakan organisasi yang mempunyai tujuan mulia untuk dapat memberikan pelayanan hukum kepada masyarakat.

“Pelayanan hukum itu tidak identik di ruangan penyidikan saja, tidak identik di meja hijau saja, tapi juga di lapangan, bagaimana para sarjana hukum yang tergabung dalam HAPI ini memberikan literasi hukum kepada masyarakat di lapangan,” katanya.

HD juga mengatakan, bahwa Sumsel masih butuh para sarjana hukum yang tergabung dalam berbagai organisasi salah satu contohnya HAPI.

“HAPI ini bisa bersosialisasi dengan masyarakat dengan tujuan agar kita semua keluarga di Sumsel ini sadar hukum di mana hak dan dimana kewajiban,” tuturnya. (dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here