Home Palembang RSMH Palembang Laksanakan Vaksinasi Massal Anak dan Remaja

RSMH Palembang Laksanakan Vaksinasi Massal Anak dan Remaja

fhoto : Suasana vaksinasi massal ank di graha spesialis RSMH Palembang, Sabtu, (10/07/2021)/(bidiksumsel.com/dkd)

Palembang, bidiksumsel.com – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2021 nanti. Rumah Sakit Muhammad Husin (RSMH) Palembang bekerjasama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) wilayah Sumsel melaksanakan vaksinasi massal untuk anak dan remaja usia 12-18 tahun.

Vaksinasi ini dilaksanakan di graha spesialis RSMH di Jalan Jendral Sudirman Palembang. Sabtu, (10/07/2021)

Ketua IDAI wilayah Sumsel, dr Silvia Triratna SpAK mengungkapkan, data anak-anak di Sumsel yang terkena Covid-19 semakin naik. untuk minggu ini sudah ada diatas 148 anak.

“Di karenakan tren nya lagi naik, anak-anak yang terpapar meningkat dari 111 anak untuk minggu lalu menjadi diatas 148 anak untuk minggu ini,” jelasnya.

Angka tersebut tambahnya, untuk data yang terdata di pihak nya, belum lagi yang tidak terdata. di karenakan mungkin mereka belum ke rumah sakit. Ia juga mengaku bahwa pihaknya khawatir dengan peningkatan kasus tersebut.

“Anak-anak memang sangat rentan terpapar covid-19, yang bisa saja menularkan dan ditularkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, vaksinasi massal untuk anak-anak usia 12-18 tahun yang di laksanakan pada hari ini, merupakan salah satu prioritas yang dilakukan untuk mencegah peningkatan penularan virus.

“Jenis vaksinasi yang di berikan untuk anak-anak ini sama jenisnya yaitu vaksin sinovac, dengan dosis yang sama dan juga efektivitasnya sama,” katanya.

Namun, untuk perlakuan nya berbeda dengan orang dewasa. oleh sebab itu pendampingan orangtua diperlukan juga dalam melaksanakan vaksinasi ini. “Untuk cek tekanan darah saja sudah beda, karena anak-anak berdasarkan berat badan, usia, dan tinggi badan,” imbuhnya.

Ia meminta agar para orangtua selain menjaga kesehatan diri masing-masing dan dapat juga menjaga, juga memperhatikan kesehatan anak-anak nya.

“Bagaimana Covid-19 ini bisa berakhir jika masih banyak masyarakat yang tidak percaya dengan virus ini dan tidak menerapkan protokol kesehatan yang ketat, maka dari itu, semuanya harus sadar akan prokes dan menjaga kesehatan diri dengan baik,” tutupnya. (dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here