Home Sumsel OKI Refreshing PMBA, Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Refreshing PMBA, Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

fhoto:bidiksumsel.com/daniel

OKI, bidiksumsel.com – Untuk meningkatkan kapasitas serta kemampuan para kader dalam hal meningkatkan kegiatan pelayanan kesehatan di posyandu.

Dinkes OKI melalui Pukesmas Sugih Waras, Kecamatan Teluk Gelam, Kabupaten OKI mengadakan refreshing Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) bagi Bindes dan kader di wilayah kerja Puskesmas kecamatan setempat.

Kepala Puskesmas Sugih Waras, Doris SKm, saat menghadiri kegiatan Hari Keluarga Nasional 2021 di kecamatan setempat mengatakan, Refreshing kader Posyandu ini merupakan salah satu kegiatan dari beberapa kegiatan yang diadakan oleh Puskesmas Sugih Waras.

“Bindes dan kader merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan di masyarakat, karena merekalah yang paling dekat dengan masyarakat,” ujarnya. Kamis, (24/06/2021)

Kegiatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat dilakukan sendiri oleh masyarakat tersebut akan memberikan feedback yang positif dari masyarakat itu sendiri.

“Terkadang memang tidak sedikit juga kader yang memiliki kendala dalam hal intervensi permasalahan kesehatan kepada masyarakatnya sendiri. Hal ini dikarenakan, ada beberapa masyarakat yang masih berpegang teguh kepada keyakinannya sendiri untuk mengatasi permasalahan kesehatan tersebut,” katanya.

Selain itu, lanjut Doris, ada juga Bindes dan kader yang mengeluhkan kepada petugas kesehatan apabila ada beberapa masyarakat yang misalnya, tidak mau menimbangkan balitanya ke posyandu, ataupun ibu hamil yang tidak mau memeriksan kehamilannya ke bidan.

“Itu menjadi salah satu permasalahan yang menghambat tercapainya derajat kesehatan di masyarakat,” imbuhnya.

Maka dari itu, tambahnya, diadakan kegiatan refreshing Bindes dan kader ini agar dimanfaatkan oleh tenaga kesehatan baik bidan, perawat, promkes, gizi, kesling dan yang lainnya kepada kader ataupun sebaliknya untuk bertukar pikiran mengenai permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat.

“Tentunya kita berharap dari tenaga kesehatan, dengan adanya kegiatan refreshing Bindes dan kader ini, kader dapat memaksimalkan keberadaaan posyandu dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” jelasnya.

“Selain itu, memacu motivasi dan semangat dari para kader dan juga tenaga kesehatan untuk bersinergi membangun masyarakat yang sehat. Seperti saat ini kita melaksanakan kegiatan KB gratis sekaligus memperingati Hari Keluarga Nasional 2021,” pungkasnya. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here