Home Sumsel OKI Puskesmas Tulung Selapan Sosialisasikan PHBS dengan CTPS di Sekolah

Puskesmas Tulung Selapan Sosialisasikan PHBS dengan CTPS di Sekolah

fhoto bersama petugas Puskesmas Tulung Selapan, para guru, dan siswa SDN 1 Kayuara usai sosialisasi PHBS dengan CTPS di Sekolah/(bidiksumsel.com/daniel)

OKI, bidiksumsel.com – Dalam upaya giat mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) diharapkan mampu memutus mata rantai penyebaran Covid19 yang saat ini cukup memprihatinkan.

Puskesmas Tulung Selapan, Kabupaten OKI menggelar sosialisasi PHBS dengan CTPS, yang menitikberatkan pada perilaku masyarakat akan hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan yang baik dan benar. Jumat, (13/08/2021).

Pimpinan Puskesmas Tulung Selapan, Sentriyadi mengatakan, perubahan perilaku merupakan hal yang sangat penting untuk menekan penyebaran penyakit terutama yang sekarang sedang mewabah yaitu Covid-19.

“Gerakan yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun atau yang sering kita dengar dengan istilah CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Maka dari itu salah satu sasaran kita yaitu, para siswa sekolah, seperti halnya di SDN 1 Kayuara,” ujarnya.

Sementara, Kepala SDN 1 Kayuara, Zubaidah mengatakan, kalau PHBS sekolah merupakan kegiatan memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah untuk mau melakukan pola hidup sehat untuk menciptakan sekolah sehat.

“Manfaat PHBS di sekolah mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, meningkatkan proses belajar mengajar dan para siswa, guru hingga masyarakat lingkungan sekolah menjadi sehat,” katanya.

Dirinya menjelaskan, mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih dan memutuskan mata rantai kuman.

“Mencuci tangan dengan sabun (CTPS) dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan, tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan CTPS,” paparnya.

Dirinya juga mengungkapkan, saat beraktivitas sehari-hari, akan sulit bagi tangan untuk menghindari virus, bakteri, atau kuman. Penyebabnya, mata tidak mampu melihat virusnya langsung, sehingga mencuci tangan adalah langkah terbaik untuk menghindari tertular penyakit.

“Maka dari itulah melalui PHBS dengan CTPS yang baik dan teratur, diharapkan dapat melindungi diri dari penyebaran penyakit khususnya virus Covid19 seperti sekarang ini,” pungkasnya. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here