Home Sumsel OKI Puskes Pematang Panggang II Ajak Masyarakat Disiplin Prokes Covid-19

Puskes Pematang Panggang II Ajak Masyarakat Disiplin Prokes Covid-19

fhoto : Pegawai Puskes Pematang Panggang II saat mendata masyarakat yang menerima vaksin Covid-19/bidiksumsel.com/daniel)

OKI, bidiksumsel.com – Guna mengantisipasi lonjakan penyebaran Covid-19 di Kabupaten OKI, Puskesmas Pematang Panggang II gencar mempromosikan dan mengajak masyarakat disiplin Prokes Covid-19. Sabtu, (17/07/2021)

Berdasarkan Surat Edaran Bupati OKI dan Inmendagri no.14 Tahun 2021, bahwa apabila masuk zona merah dan orange, maka kegiatan kegiatan yang menyebabkan kerumunan ditiadakan.

Kepala Puskesmas Pematang Panggang II, Siti Muntowiyah SKep mengatakan, selain upaya preventif seperti pemberian Vaksinasi Covid19, juga dengan menggencarkan promosi pola hidup bersih dan sehat.

“Kami pun juga terus melakukan pelacakan wabah Covid19. Salah satu bentuk antisipasi, kami melakukan Rapid Test dan Polymerase Chain Reaction (PCR) kepada orang yang pernah kontak dengan pasien sesuai dengan protap yang ditetapkan,” katanya.

Menurutnya, tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, Membatasi mobilitas) juga menjadi faktor lain, yang tentunya mendukung upaya pengendalian kasus Covid-19 di Kabupaten OKI.

Oleh sebab itu, ia mengajak mari lah terapkan 5M yakni, Memakai masker, Mencuci tangan memakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilisasi.

“Intervensi 3T5M menjadi faktor utama dalam pengendalian kasus Covid-19 ini, tingkat penularan kita memang terjadi lebih banyak di kerumunan, tapi di level tertentu penggunaan masker di masyarakat dapat dikatakan sudah cukup tertib. Kami juga selalu mengingatkan, diharapkan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di pos pelayanan yang telah di tunjuk oleh Puskesmas Pematang Panggang II,” tutupnya. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here