Home Sumsel Ogan Ilir Pengurus Percasi Sumsel Periode 2021-2025 Resmi Di Lantik

Pengurus Percasi Sumsel Periode 2021-2025 Resmi Di Lantik

fhoto:bidiksumsel.com/dkd

OI, bidiksumsel.com – Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) provinsi Sumatera Selatan menggelar pelantikan pengurus Percasi provinsi Sumsel masa bakti 2021-2025 yang dilaksanakan di Ilya Hotel & Resort Indralaya, Ogan Ilir, Minggu (20/06/2021).

Ketua umum PB Percasi G M Utut Adianto mengatakan, bahwa tugas Yulian Gunhar adalah menarik lokomotif supaya on the track lagi karena Sumsel merupakan gudangnya atlet catur dimana pernah meraih emas di PON 1981.

“Akan tetapi akhir-akhir ini makin sulit untuk orang hanya menekuni catur Ini, bukan kesalahan orang perorang tetapi ini situasional. Ini agar Yulian Gunhar memberi intensif itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan yang paling sulit di catur itu yakni membentuk tim dan kontiunitas. Akhir-akhir ini begitu sulit untuk mencari sponsor untuk olahraga terutama catur.

“Mudah-mudahan dengan kemampuan beliau menghimpun dana bisa membawa catur Sumsel bisa maju lagi,” tuturnya.

Ia mengatakan, Catur sudah mulai diminati dari kelompok usia 7 tahun, 9 tahun, 11 tahun, 13 tahun, 17 tahun dan 19 tahun baim putra maupun putri. Jadi ada delapan kelompok umur.

“Seandainya setiap kabupaten mempunyai dua berarti kita mempunyai 100 calon bintang. Konsep ini yang harus kita matangkan. Mudah-mudahan dengan insentif makin banyak ketua umum juga mendukung penuh, banyak turnamen catur dan saya ingatkan ada siklus berlatih, siklus bertanding dan siklus evaluasi hasil pertandingan yang tidak boleh putus karena apabila putus akan sulit untuk berkanca prestasi,” tukasnya.

Sementara, Ketua Percasi Sumsel H Yulian Gunhar mengatakan, seperti yang sudah disampaikan di musyawarah provinsi (Musprov) Percasi yang lalu bahwa dirinya bukan orang yang betul-betul paham dengan catur, tetapi atas arahan dan bimbingan Ketua umum PB Percasi kita coba membangkitkan kembali potensi atlet catur di Sumsel.

“Menurut catatan beliau Sumsel ini berpotensi melahirkan atlet-atlet yang berkelas Nasional maupun Internasional kalau Memang betul proses pembinaannya, pelatihannya dan semua Stakeholder yang ada di Sumsel ini bahu membahu untuk bekerja sama,” ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa pada Pekan Olahraga Nasional (PON) ke depan Percasi Sumsel akan mengirim 4 (empat) atlet catur dan Sumsel mempunyai sejarahnya pada PON 1981 pernah meraih emas.

“Mudah-mudahan dalam kepengurusan kita Percasi Sumsel masa bakti 2021-2025 dengan upaya maksimal seperti apa yang disampaikan Ketua Umum PB Percasi untuk mencetak atlet catur tidak sesederhana apa yang ada didalam pikiran kita,” katanya. (dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here