Home Kota Palembang PDHI Soft Opening Puskewan Talang Betutu, 2024 Palembang Bebas Rabies

PDHI Soft Opening Puskewan Talang Betutu, 2024 Palembang Bebas Rabies

Palembang, bidiksumsel.com – Dalam rangka memperingati┬áhari dokter hewan sedunia yang jatuh pada 24 April, Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sumsel bekerjasama dengan Pemerintah kota dan Dinas Ketahanan Pangan Kota Palembang mengadakan vaksin bagi hewan peliharaan dan hewan liar.

Sekaligus soft opening Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di UPTD BPP Talang Betutu kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami Palembang, Jumat (23/04/21)

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti mengungkapkan, bahwa acara ini juga mensosialisasikan Perwali Nomor 38 tahun 2020 tentang pencegahan dan penanggulangan hewan menular rabies.

“Acara soft opening Puskeswan ini sekaligus untuk memperingati hari dokter hewan sedunia dan kami melakukan vaksin gratis bagi hewan peliharaan dan hewan liar guna mengaman kota Palembang dari rabies 2024,” ungkapnya

Ia menambahkan, acara ini juga salah satu upaya untuk menghidupkan kembali Puskeswan talang betutu yang sudah tiga tahun kebelakang tidak aktif dikarenakan tidak adanya SDM.

“Dulu ada dokter hewan tapi ia mundurkan diri sehingga kami tidak memiliki dokter hewan lagi, Namun kini kami memiliki dokter hewan dan juga tenaga medis nya dari pusat kemudian honornya juga ada, maka kita aktifkan kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PDHI Sumsel Dr. drh. Jafrizal, MM mengatakan, di soft opening Puskeswan ini pihaknya mengundang masyarakat kota Palembang untuk menvaksin hewan peliharaan nya di Puskeswan Talang Betutu secara gratis.

“Ada sekitar 50 hewan peliharaan yang di daftarkan untuk di vaksin dan berobat cacing sesuai dengan apa yang di perlukan hewan tersebut,” jelasnya

Untuk saat ini Palembang hanya ada dua Puskeswan yakni Puskewan Gandus dan Puskeswan Talang Jambe karena keterbatasan SDM dan fasilitas nya.

“Meskipun terbatas, kami akan memaksimalkan pelayanan- pelayanan kesehatan hewan dan juga kita jemput bola dalam rangka mencanangkan Palembang bebas rabies 2024,” tuturnya.

Penyakit rabies itu sangat membahayakan manusia maka dari itu wajib di vaksin 1 tahun sekali. kemudian bisa di ulang setelah satu bulan vaksinasi pertama atau 6 bulan kemudian di ulang kembali.

“Sehingga pada akhir tahun hewan itu posisi nya masih aman masih punya anti bodi masih punya daya tahan tubuh terhadap rabies tersebut,” katanya

Kalau untuk berobat cacing sendiri 2 bulan sekali harus dilakukan karena banyak sekali penyakit penyakit hewan yg menular ke manusia, salah satunya penyakit rabies. “Jika manusia mau sehat hewan nya juga harus sehat,” pungkasnya (dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here