Home Sumsel OKI PATBM Cegah Kekerasan Terhadap Anak

PATBM Cegah Kekerasan Terhadap Anak

fhoto : sosialisasi Pengembangan Desa/Kelurahan Layak Anak dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di aula Kantor Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI/(bidiksumsel.com/daniel)

OKI, bidiksumsel.com РDalam rangka meningkatkan kesejahtraan anak, Pemerintahan Kabupaten OKI, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DPP & PA)  sosialisasikan Pengembangan Desa/Kelurahan Layak Anak dan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), di aula Kantor Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI. Jumat, (02/07/2021)

Camat Lempuing, Sujito menyampaikan, bahwa tujuan PATBM diantaranya, mencegah kekerasan terhadap anak, menanggapi kekerasan dan membangun sistem pada tingkat komunitas dan keluarga untuk pengasuhan dan mendukung relasi yang aman untuk mencegah kekerasan.

“Yang namanya anak sebagai tunas, potensi dan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa, memiliki peran strategis dan mempunyai ciri serta sifat khusus. Untuk itu mereka perlu dipersiapkan sedari dini demi kelangsungan dan eksistensi bangsa dimasa mendatang karena mereka tidak hanya masa depan tetapi juga masa kini dari bangsa Indonesia,” ujarnya.

Maka lanjut dia, Perlindungan anak bertujuan untuk menjamin terpenuhinya hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.

“Serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. demi terwujudnya generasi dan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, berakhlak mulia, sehat, cerdas, ceria serta¬† terampil dan inovatif,” katanya.

Menurut dia, Salah satu langkah kongkrit untuk mewujudkan perlindungan anak dalam perspektif geopolitik pembangunan adalah dengan mewujudkan Kabupaten Layak Anak (KLA).

KLA ini dapat didefinisikan sebagai sebuah daerah pemerintah yang mampu memberikan jaminan perlindungan dan pemenuhan kebutuhan serta hak dasar anak secara komprehensif dalam suatu sistem pembangunan yang berlandaskan kepentingan terbaik bagi anak.

“Mewujudkan KLA membutuhkan kerja keras dan partisipasi semua pihak, terutama kepala desa/lurah dan para tokoh yang ada di desa/kelurahan. sebab menjadi sebuah Kabupaten Layak Anak paling tidak harus terpenuhi prasyarat seperti adanya kemauan dan komitmen pimpinan serta perangkat daerah” paparnya.

“Produk hukum yang ramah anak, institusi perlindungan anak serta lembaga yang mampu menaungi anak berpartisipasi dalam segala aspek pembangunan,” tambahnya.

Dengan terciptanya sebuah lembaga Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) disetiap desa/kelurahan. Ia mengharapkan dapat menjadi mercusuar pemandu bagi para stakeholder dan semua pihak yang berkepentingan terhadap pembangunan bangsa guna merealisasikan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten OKI. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here