Home Kota Palembang Palembang Raih Penghargaan Innovative Government Award

Palembang Raih Penghargaan Innovative Government Award

Palembang Raih Penghargaan Innovative Government Award

PALEMBANG – Kota Palembang kembali menorehkan prestasi. Kali ini menerima penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai Pemda Innovative Government Award 2020 tingkat kota.

Penilaian penghargaan ini diberikan melalui tahapan penjaringan yang sejak 14 Mei 2020 melalui aplikasi indeks inovasi daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Mendagri, Jendral Polisi (Purn), Tito Karnavian kepada Wali Kota Palembang,  H Harnojoyo.

Dalam sambutannya, Tito menginstruksikan agar penilaian melalui indeks tidak dapat dilihat provinsi, kabupaten/kota yang tertinggi saja, melainkan yang terendah juga harus diumumkan di publik, supaya tahu daftar daerah mana saja yang tidak inovatif.

“Ya, aplikasi ini adalah aplikasi yang dibuat khusus dalam rangka penilaian indeks inovasi daerah, dapat dilihat secara transparan oleh semua pihak,” ujarnya, Jumat (18/12/2020).

Jadi, tegas Tito, penghargaan bukan hanya selembar kertas sertifikat saja yang jadi kebanggaan.

“Itu tidak menarik, sekarang sertifikasi itu menjadi salah satu bahan bagi daerah untuk mendapatkan insentif daerah. Tahun ini¬†Menteri Keuangan sudah menyediakan Rp5 triliun, tetapi terpakai sedikit, makanya bagi pemenang malam ini saya minta pemenang konsisten harus diberikan insentif tambahan,” tegasnya.

Selain itu lanjutnya, bisa menjadi motivasi bagi daerah untuk terpacu menjadi lebih inovatif dan terbaik. “Yang pasti ada rasa malu, dengan begitu akan termotivasi mengejar nilai lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu, usai menerima penghargaan, Wali Kota Palembang H Harnojoyo mengucapkan rasa syukur atas capaian penghargaan yang diterima. Menurut dia, penghargaan bukan semata-mata target, melainkan amanah untuk menjadi daerah atau kota yang lebih baik lagi.

“Menjadi daerah terinovatif tentu bukan menjadi bangga, tetapi menjadi motivasi kita untuk tetap memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakatbdan lebih inovatif lagi,” tukasnya. (mnn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here