Home Kota Palembang Palembang Juara Tiga Lomba Inovasi Tatanan Normal Baru se-Indonesia

Palembang Juara Tiga Lomba Inovasi Tatanan Normal Baru se-Indonesia

Palembang juara lomba Inovasi Tatanan Normal

PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang meraih juara tiga lomba Inovasi Daerah Tatanan Normal Baru (New Normal) Produktif dan Aman COVID-19 yang diadakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Wakil Presiden, Ma’ruf Amien melalui teknologi virtual, Senin (22/6/2020).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Palembang, Edison, mengatakan, Palembang meraih juara kategori klaster Kota, sektor Pasar Tradisional melalui video inovasi bertajuk Protokol Belanja di Pasar Tradisional. Yakni di Pasar Plaju.

Selain pasar tradisional, lomba inovasi ini juga di sektor hotel, pasar modern, pelayanan terpadu satu pintu, restoran, transportasi umum dan tempat wisata.

“Alhamdulillah kita meraih juara se-Indonesia di sektor pasar tradisional, setelah Bogor dan Semarang,” ujar Edison, diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (22/6/2020).

Ia menuturkan, waktu pembuatan video inovasi cukup singkat, hanya sepekan.¬†“Ini hasil karya tim khusus dari Diskominfo Palembang. Di dalam tim itu ada 5 orang, dengan proses hari pertama kita membuat skrip videonya, dan pengerjaan video di lapangan sekaligus editing kita kerjakan selama dua hari,” Edison menerangkan.

Ia juga mengatakan, dalam pembuatan video yang sederhana itu, konten yang ditampilkan memang untuk mengedukasi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan selama pandemi Covid-19

“Semuanya memang menerapkan protokol kesehatan yang memang ditentukan oleh WHO, mulai dari cuci tangan, penggunaan masker, Physical Distance ataupun Social Distancing. Semuanya itu diterapkan,” ujar Edison.

Ia juga mengungkapkan, dalam video tradisional tersebut juga memiliki suatu kelebihan yang dinilai mampu untuk diduplikasi oleh daerah-daerah lain dengan sederhana. “Kita ada namanya belanja via WhatsApp, yang mudah diterapkan dan mayoritas masyarakat juga punya WhatsApp.”

Ia berharap, melalui video tersebut, masyarakat dapat terus mematuhi protokol kesehatan guna melawan Covid-19 yang saat ini sedang melanda.

“Yang pastinya kita berharap dalam hal ini semua masyarakat dapat terus menerapkannya dalam kehidupan kehidupan sehari-hari,” demikian Edison. (min)

Untuk diketahui, adapun beberapa pemenang dalam Sektor Pasar Tradisional yang dibagi dalam 4 Klaster, yaitu Klaster Provinsi, Klaster Kota, Klaster Kabupaten serta Klaster Kabupaten Tertinggal:

Klaster Provinsi

  1. Bali
  2. Sulawesi Selatan
  3. Lampung

Klaster Kota

  1. Bogor
  2. Semarang
  3. Palembang

Klaster Kabupaten

  1. Banyumas
  2. Lumajang
  3. Semarang

Klaster Kabupaten Tertinggal

  1. Limbata
  2. Seram Bagian Barat
  3. Pesisir Barat

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here