Home Sumsel OKI Optimalkan Pelayanan, Puskes Tulung Selapan Siap Layani Persalinan 24 Jam

Optimalkan Pelayanan, Puskes Tulung Selapan Siap Layani Persalinan 24 Jam

fhoto : Kepala Puskesmas tulung selapan, Sentriyadi didampingi petugas kesehatan puskes tulung selapan/(bidiksumsel.com/daniel)

OKI, bidiksumsel.com – Pemerintah Kabupaten OKI melalui Puskesmas Tulung Selapan mewakili Dinkes OKI terus meningkatkan layanan kesehatan untuk warga disekitar dengan siap melayani kehamilan dan persalinan 24 jam. Rabu, (14/07/2021)

Kepala Puskesmas Tulung Selapan, Sentriyadi mengatakan, sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, bahwa pemerintah Kabupaten OKI beserta jajarannya berkomitmen siap melayani kehamilan dan persalinan 24 jam di Puskesmas wilayah kerja mereka masing masing.

Pasalnya, tidak setiap desa terdapat bidan desa, sehingga diperlukan adanya pelayanan yang terjangkau untuk masyarakat.

“Kami siap membantu dan melayani sepenuh hati seperti, pemeriksaan kehamilan, persalinan, bayi baru lahir, Pelayanan KB, dan USG. Kita di bantu oleh bidan-bidan handal dan dua tenaga dokter yg bertugas di puskesmas setempat,” ungkapnya.

Menurutnya, penanganan ibu melahirkan wajib dilakukan oleh tenaga medis. Aturan tersebut diharapkan dapat menekan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Lanjutnya, minimal ibu hamil harus periksakan kandungan minimal 1 bulan sekali. Pemeriksaan dilakukan baik oleh tim medis berkompeten seperti bidan yang memiliki ijin usaha, puskesmas maupun rumah sakit.

“Minimal itu satu bulan sekali pemeriksaan. Nanti saat akan menuju HPL bisa ditambah jadi seminggu sekali cek dokter, jadi ibu dan keluarga tahu perkembangan bayinya,” pungkasnya. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here