Home Sumsel OKI Melalui Semangat Harganas, Wujudkan Keluarga Tangguh, Sehat, dan Berkualitas

Melalui Semangat Harganas, Wujudkan Keluarga Tangguh, Sehat, dan Berkualitas

fhoto : bidiksumsel.com/Daniel

OKI, bidiksumsel.com – Momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) merupakan upaya meningkatkan kesadaran dan peran masyarakat terhadap pentingnya keluarga kecil, bahagia, dan sejahtera.

Dengan menanamkan nilai-nilai kehidupan berbangsa kepada anggota keluarga sejak dini, akan menjadikan keluarga sebagai wahana yang tangguh bagi terwujudnya keluarga yang berkualitas.

Hal ini disampaikan Camat Pedamaran Timur, Ibrahim, saat menghadiri kegiatan Pelayanan KB sejuta Aseptor, dalam Rangka Memperingati Hari Keluarga Nasional ke – XXVIII tahun 2021 di Desa Pancawarna Kecamatan Pedamaran Timur, Kabupaten OKI. Kamis, (24/06/2021)

“Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera,” jelasnya.

Tambahnya, Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Kepala Puskesmas Pedamaran Timur, Muherli mengatakan, secara garis besar, peringatan Harganas XXVIII tahun 2021 memiliki tujuan umum dalam meningkatkan peran serta pemerintah, mitra kerja, swasta, masyarakat dan keluarga.

Tentang pentingnya penerapan delapan fungsi keluarga secara optimal, yang meliputi agama, social budaya, cinta kasih, perlindungan, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, serta lingkungan.

“Penyelenggaraan Hari Keluarga Nasional XXVIII tahun 2021 erat kaitannya dengan penerapan empat pendekatan Ketahanan Keluarga, diantaranya Keluarga Berkumpul (dengan meluangkan waktu antar keluarga tanpa disibukkan dengan HP, televisi, atau alat elektronik lainnya), Keluarga Berinteraksi (dimana semua anggota keluarga meluangkan waktu berkumpul dan saling bercengkrama),” paparnya.

“Keluarga Berdaya (dimana semua anggota keluarga dapat memanfaatkan potensi yang dimiliki untuk tidak bergantung pada pihak lain), serta Keluarga Peduli dan Berbagi (suatu kegiatan dimana keluarga yang lebih mampu memiliki kepedulian untuk berbagi kepada orang lain). Sesuai program pemerintah, Dua anak lebih baik,” ungkapnya menambahkan.

Terpisah, Kades Pancawarna, Sugiono mengatakan, kalau Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diperingati setiap tanggal 29 Juni menjadi momentum untuk kembali mengingat pentingnya arti keluarga, dimana Keluarga merupakan institusi penting untuk membangun karakter bangsa.

“Dengan peringatan Hari Keluarga Nasional, ini diharapkan mampu memberi motivasi, memberi dorongan, spirit bagi semua keluarga di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten OKI khususnya. Untuk bisa membangun sebuah keluarga yang ideal, baik masa kini maupun masa depan, sehingga kesejahteraan keluarga dapat menjadi lebih baik,” tutupnya. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here