Home Sumsel OKI Melalui K3S, Tempa Kemampuan Profesional Manajemen Pendidikan

Melalui K3S, Tempa Kemampuan Profesional Manajemen Pendidikan

Fhoto:bidiksumsel.com/niel

OKI, bidiksumsel.com – Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), merupakan kegiatan rutin setiap bulan dengan bahasan permasalahan sekolah dan cara penyelesaianya. Selain itu, juga dilakukan pembahasan mengenai tenaga didik dan peserta didik.

Sasaran kegiatan K3S adalah semua Kepala Sekolah Dasar Negeri/Swasta, MIN/MIS di wilayah Disdik kecamatan setempat.

Seperti halnya yang dilaksanakan di Aula SDN 1 Serigeni Lama Kecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI. Kegiatan K3S ini dihadiri oleh Kadisdik OKI dalam hal ini Pengawas Pembina, serta para Kepsek Sekecamatan Kayuagung, Kabupaten OKI. Kamis, (10/06/2021)

Pengawas Pembina, Gusjang SPd, MSi menjelaskan, kalau peranan K3S terhadap sekolah sendiri adalah untuk menyamakan persepsi, merekomendasikan hal-hal yang telah disepakati dan sebagai penanggungjawab Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam melaksanakan program kerja KKG.

“Sedangkan Dinas Pendidikan berperan untuk memotivasi setiap kegiatan K3S, memfasilitasikan kegiatan-kegiatan yang diprogramkan K3S, melakukan pembinaan dan mengawasi setiap kegiatan K3S serta mengevaluasi program-program kerja yang dibuat dan dilaksanakan K3S,” ujarnya.

Ditambahkan, dengan kemampuan profesional manajemen pendidikan, kepala sekolah diharapkan dapat menyusun program sekolah yang efektif, menciptakan iklim sekolah yang kondusif dan membangun unjuk kerja personel sekolah serta dapat membimbing guru melaksanakan proses pembelajaran.

Terpisah, salah satu Kepsek yang juga Ketua K3S kecamatan setempat, Darmawan, SPd mengatakan, Pada pertemuan rutin kali ini, membahas mengenai tenaga didik dan peserta memasuki tahun ajaran baru.

“Selain itu, pelaksanaan UKK, pengisian rapot, evaluasi laporan kegiatan sekolah, PPDB, serta juga sosialisasi web untuk belajar online,” katanya.

Menurut Darmawan, Keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam mengelola tenaga kependidikan yang tersedia di sekolah.

Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru.

“Kepala sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kependidikan lainnya, dan pendayagunaan serta pemeliharaan sarana dan prasarana,” imbuhnya.

Hal tersebut menjadi lebih penting sejalan dengan semakin kompleksnya tuntutan tugas kepala sekolah, yang menghendaki dukungan kinerja yang semakin efektif dan efisien.

“Kepala Sekolah selaku supevisor pendidikan memiliki fungsi mengarahkan, membimbing dan mengawasi seluruh kegiatan pendidikan dan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru yang ditunjang oleh pegawai di sekolah,” paparnya.

Kepala Sekolah hendaknya melakukan observasi yang terus menerus tentang kondisi-kondisi dan sikap-sikap di kelas, di ruangan guru, di ruang tata usaha dan pada pertemuan-pertemuan staf pengajar.

“Tujuan hal tersebut adalah untuk memberikan bantuan pemecahan atas kesulitan-kesulitan yang dialami guru dan pegawai serta melakukan perbaikan-perbaikan baik langsung maupun tidak langsung mengenai kekurangan-kekurangannya,” ungkapnya.

Sehingga lanjutnya, secara bertahap kualitas dan produktivitas kegiatan belajar mengajar yang dilakukan staf kepala sekolah, guru di kelas, kinerja wali kelas, dan pegawai tata usaha akan menjadi semakin baik secara berkelanjutan. (niel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here