Home Palembang Matnursan Resmi Terpilih Sebagai Ketua DPD APKI Sumsel

Matnursan Resmi Terpilih Sebagai Ketua DPD APKI Sumsel

fhoto : bidiksumsel.com/dkd

Palembang, bidiksumsel.com – Berdasarkan hasil polling dari 40 peserta yang mengikuti Musyawarah Daerah (Musda) I Asosiasi Pengawas Ketenagakerjaan Indonesia (APKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Ir. H. Matnursan M.Si terpilih sebagai Ketua Dewan Pembina Daerah (DPD) APKI Sumsel periode 2021- 2024 dengan memperoleh total 11 suara.

Acara yang berlangsung di Fave hotel Palembang dengan menerapkan protokol kesehatan. Jum’at (24/09/2021).

H.Sutrisno Ketua Stering Comite (SC) Musda I DPD (APKI) yang di wakilkan Ketua Sidang Marihot Sianipar mengatakan, Musda I yang di gelar pihaknya adalah meneruskan kesepakatan bersama APKI untuk menindak lanjuti program – program untuk menunjang keberhasilan kinerja fungsional pegawai pengawas ketenagakerjaan khususnya di Sumsel.

“Ada 6 calon ketua yakni Tina Suzan, Sahadi, Fangky, Matnursan, A Riadi dan Marlian,” kata Marihot.

Terbentuknya APKI mempunyai tujuan untuk menunjang kinerja pegawai pengawas ketenagakerjaan yang ada di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumsel.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kemampuan dalam hal memenuhi angka kredit untuk naik pangkat,” ujarnya.

Untuk anggota nya berasal dari full fungsional pegawai pengawas tenaga kerja Sumsel yang ada di kabupaten kota maupun Provinsi dengan jumlah sebanyak 56 orang pengawas.

“Dengan adanya asosiasi APKI membuat kinerja pengawas keternagakerjaan bisa terbantu, baik dalam lingkup kerja buruh maupun perusahaan yang mana kita bisa komunkkasikan dengan baik, sehingga dunia usaha dan pekerja dapat bersinergi,” pintanya.

Sementara itu, Ir. H. Matnursan M.Si yang terpilih sebagai Ketua DPD APKI Sumsel menyatakan, bahwa keikutsertaan dirinya dalam pemilihan ketua DPD APKI dengan visi mewujudkan APKI Provinsi Sumsel menjadi organisasi profesi pengawas ketenagakerjaan yang profesional, berintegritas dan bermartabat.

“Adapun misi saya antara lain meningkatkan SDM pengawas ketenagakerjaan dalam rangka memperkuat fungsi pengawasan ketenagakerjaan, kemudian, menjalin komunikasi yang baik dan efektif dengan para pemangku kepentingan, mewujudkan APKI sebagai organisasi pembina, pelindung dan advokasi bagi pengawas,” paparnya.

Misi berikutnya, yakni menjadikan APKI sebagai rumah bersama bagi pengawas ketenagakerjaan dan purna pengawas ketenagakerjaan, mewo APKI sebagai organisasi yang berperan serta dalam kampaye kepatuhan per undang undang ketenagakerjaan.

Sementara untuk program nya ia memiliki enam program antara lain pertama upgrading SDM pengawas ketenagakerjaan, kedua menjalin komunikasi dengan para pemangku kepentingan, ketiga melakukan sosialisasi kepada pelaku usaha tentang tugas dan fungsi pengawas ketenagakerjaan serta regulasi nya.

“Ke empat Menjalin silaturahmi dengan purna pengawas ketenagakerjaan, ke lima menyediakan media informasi sebagai sarana komunikasi DPD APKI Provinsi Sumsel dan yang ke enam membuat identitas (KTA) yang terdaftar di DPD APKI,” pungkasnya. (dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here