Home Berita Pemprov Mantapkan Inovasi dan Kreasi UMKM Dimasa Pandemi Covid-19

Mantapkan Inovasi dan Kreasi UMKM Dimasa Pandemi Covid-19

Gubernur menghadiri diskusi UKM

PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri dan menjadi narasumber dalam acara Talkshow bersama UMKM dengan tema Strategi Bisnis dan Menangkap Peluang di Era New Normal di Atrium Palembang Indah Mal, Minggu (21/06/2020).

Dijelaskan Gubernur Herman Deru (HD), dimasa Pandemi Covid-19 membuat perubahan yang sangat besar dalam berbagai sendi kehidupan. Tak terkecuali di bidang ekonomi mikro. Pelaku bisnis dalam UMKM adalah salah satu kelompok yang merasakan perubahan tersebut. Menurunnya omset penjualan, kehilangan tempat berjualan karena Mall tutup bahkan kehabisan modal karena tidak dapat menutupi biaya produksi yang tak sebanding dengan hasil penjualan.

“Sekarang ini karena kita berada di Kota Palembang, kita telah melewati 2 kali masa pemberlakuan PSBB, dan untuk menetapkan kehidupan New Normal masih banyak kajian berdasarkan epidemiologi yang ada. Namun ada baiknya kita perlu mengetahui dan mempelajari bagaimana harus berperilaku di era New Normal, terlebih untuk membangkitkan kembali UMKM agar dapat berjalan seperti biasa” jelasnya.

Dalam upaya menaikkan omset UMKM, HD beberapa waktu lalu secara berkala telah meng endorse ratusan produk pelaku bisnis di Palembang secara gratis. Langkah terpuji tersebut diikuti juga oleh para Influencer Kota Palembang untuk membantu UMKM secara gratis.

“Selain itu juga, yang tak kalah penting, pelaku bisnis harus berinovasi, yang tadinya ada tempat harus berpindah ke Media lain. Media yang paling cepat diketahui masyarakat adalah melalui media sosial, kemudian bisa juga dengan mengganti kemasan menjadi lebih menarik, membuat menu baru yang bervariasi, dan gencar melakukan promosi” jelasnya.

HD juga menyinggung tentang pertumbuhan ekonomi Sumsel yang secara regional tertinggi di Pulau Sumatera yaitu 4,98%.

Deru menegaskan bahwa Sumsel tangguh, yaitu tangguh ekonomi, tangguh kesehatan, dan tangguh dalam berbagai aspek.

Hadir sebagai Narasumber Kepala Perwakilan BI, Hari Widodo, Dirut Bank Sumsel Babel, LO BNPB Pusat Brigjen TNI Antoni Simamora. Turut hadir Asisten III Prof Edward Juliartha, Para Kepala OPD Prov Sumsel. (nim)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here