Home Kriminal Korban Ambil Langkah Restorative Justice, Dua Pelaku Pencurian Sujud Syukur

Korban Ambil Langkah Restorative Justice, Dua Pelaku Pencurian Sujud Syukur

fhoto : istimewa/bd

Palembang, bidiksumsel.com – Ebi Kuku (21) dan PA (17) warga Kecamatan Plaju, kota Palembang, diamankan unit Reskrim Polsek plaju di kediamannya masing-masing, pada Jumat (24/06/2022). Kedua pelaku ini diamankan karena mencuri kerangka sepeda motor Yamaha RX king di dalam bengkel motor milik korban Agus.

Setelah dua pelaku berhasil diamankan, penyidik Polsek Plaju memanggil korban, dan korban pun berinisiatif untuk mengambil langkah berdamai secara kekeluargaan atau restorative justice kepada kedua pelaku. Selasa, (28/06/2022).

Keduanya sepakat menandatangani perjanjian tanpa adanya paksaan, yang dilanjutkan dengan saling bersalam salaman, kemudian pelaku mengucapkan terima kasihnya sambil sujud syukur ke lantai dan memeluk korban.

“Ya, kami berdua yang mengambil kerangka sepeda motor, rencananya kerangka motor itu akan kami jual uangnya untuk jajan. Alhamdulillah, terima kasih kami dimaafkan dan kami tidak akan mengulangi perbuatan ini lagi. Saya berjanji akan berubah dan mencari uang dengan cara halal,” ucap Ebi, salah satu pelaku sambil menangis.

Sementara itu, korban Agus (47) Warga jalan Sentosa Plaju, saat diwawancarai mengatakan, ia memaafkan dan mau berdamai dengan kedua pelaku karena pelaku masih terlalu muda masih panjang masa depannya.

“Saya harap kedua pelaku tidak mengulangi perbuatannya lagi, kedua pelaku ini masih muda masih panjang masa depannya, saya ikhlas memaafkan kedua pelaku asal dia tidak mengulangi lagi,” harapnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Mochamad Ngajib, melalui Kapolsek Plaju AKP Firman, didampingi Kanit Reskrim Ipda Okta Kuncoro, membenarkan langkah yang telah diambil oleh anggotanya dengan cara memberikan peluang damai antara korban dan pelaku.

“Benar kita telah melakukan perdamaian Restorative Justice antara korban dan pelaku secara kekeluargaan, dimana korban tidak menuntut pelaku secara hukum asal pelaku tidak mengulangi perbuatannya lagi,” tutupnya. (Bd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here