Home Palembang Kemenag Kota Palembang Launching Gerakan Moderasi Beragama

Kemenag Kota Palembang Launching Gerakan Moderasi Beragama

fhoto : bidiksumsel.com/dkd

Palembang, bidiksumsel.com – Walikota Palembang H.Harnojoyo diwakili staff ahli Walikota Bidang Pemberdayaan Sosial dan Masyarakat Zanariah menghadiri launching Gerakan Moderasi Beragama kota Palembang tahun 2021 bersama Kementrian Agama Kota Palembang.

Acara di laksanakan di aula MAN 3 Jalan Inspektur Marzuki Pakjo Palembang. Selasa, (12/10/2021).

Staf Ahli Walikota Bidang Pemberdayaan Sosial dan Masyarakat, Zanariah mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mendukung gerakan Moderasi Beragama untuk menciptakan kerukunan umat beragama di Palembang. “Kita mendukung kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kerukunan umat beragama agar zero konflik,” singkatnya.

Sementara, Kakanwil Provinsi Sumsel Dr H. Mukhlis Sudin MA menuturkan, Kota Palembang adalah satu satu kota yang melaunching Gerakan Moderasi Beragama.

“Saya mengapresiasi Walikota Palembang dan Kemenag Kota Palembang yang bisa melakukan ini. Sehingga Sumsel khususnya Kota Palembang zero konflik. Sehingga tidak ada konflik internal, eksternal dengan Pemerintah. Ini harus kita jaga zero konflik,” ujarnya.

Menurutnya, launching Gerakan Moderasi Beragama ini luar biasa, ada penyuluh agama sehingga ia berharap yang ada di Palembang terjadi hal yang baik.

Sementara itu, Kepala Kementrian Agama kota Palembang Deni Priansyah S.Ag M.Pdi menuturkan, Gerakan Moderasi Beragama ini adalah program Kementrian Agama Republik Indonesia. Ada tujuh program Kementrian Agama, salah satunya moderasi beragama.

“Kita bekerjasama dengan GP Anshor dalam mewujudkan keberagaman beragama. Kita melibatkan penyuluh seluruh agama yang diakui di Indonesia,” katanya.

Nanti setelah aunching ini penyuluh agama mereka langsung terjun ke masyarakat dan memberikan bimbingan dan arahan agar tidak terjadi konflik sehingga kota Palembang zero konflik.

“Moderasi Beragama ini bentuk kepedulian hadirnya pemerintah memberikan kenyamanan. Pasalnya pada UUD Pasal 29 ayat 1 dan 2, kewajiban seluruh umat menyudukan kerukunan beragama,” tandasnya.

Deni pun menjelaskan, bahwa akan ada tindak lanjut pembinaan majelis taklim untuk yang beragama Islam, dan pembinaan mingguan untuk agama lain. Jadi ini berkelanjutan.

“Nanti kita membuat rumah moderasi beragama yang menampung seluruh keluh kesah umat yang ada. Ini rumah bersama bukan hanya untuk umat Islam. Namun juga untuk umat umat agama lain, yang nanti nya di pusatkan di Kemenag Palembang,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Pimpinan Cabang GP Anshor Palembang, Momon Wahyudi menambahkan, pihaknya bersyukur Kemenag Palembang mendukung kegiatan ini.

“Ini sudah dari dulu dilaksanakan GP Anshor, karena memiliki kaderisasi beragama. Kita wujudkan kecintaan terhadap Pancasila, dan keutuhan NKRI. Terima kasih Kemenag Palembang yang selalu mendukung GP Anshor dalam menjaga kerukunan umat beragama,” tuturnya. (dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here