Home Sumsel OKI Jembatan Penghubung Desa Ambruk, Warga Harap Perbaikan Terealisasi

Jembatan Penghubung Desa Ambruk, Warga Harap Perbaikan Terealisasi

fhoto : Kondisi Terkini jembatan bandar gajah Pedamaran Timur Kabupaten OKI/(bidiksumsel.com/daniel)

OKI, bidiksumsel.com – Jembatan penghubung yang biasa dikenal Bandar Gajah sekitar kurang lebih dua minggu lalu ambruk. Diduga akibat usia jembatan disertai kelebihan beban dan dimensi dari kendaraan yang melintas.

Jembatan tersebut merupakan penghubung antar dua desa, yakni desa sumber hidup dan Gading raja di Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten OKI.

Menurut pengakuan Apif warga desa setempat, ambruknya jembatan dengan kedalaman lebih kurang dua meter diduga karena tidak mampu menahan beban berat kendaraan bermuatan bahan material saat melintas. Apalagi, di perkirakan kelas jalan jembatan ini bukan kelas untuk kendaraan yang bermuatan ton lebih.

“Selain kondisi usia jembatan itu, di perkirakan badan jembatan kurang kuat menampung beban kendaraan yang bermuatan ton lebih. Sehingga jembatan itupun ambruk,” tuturnya. Senin, (05/07/2021)

Akibat ambruknya jembatan tersebut, meskipun dapat dilalui oleh kendaraan roda dua ataupun roda empat. Warga yang akan melintasi jalan tersebut pun, terpaksa memanfaatkan badan jalan yang masih tersisa dengan berhati hati.

Terpisah, Kades Gading Raja, Hariyanto mengatakan, kalau pihak desa telah berupaya semampunya untuk memperbaiki jembatan tersebut agar aktifitas masyarakat masih dapat berjalan.

Pihaknya berharap melalui pihak ataupun dinas terkait di Pemkab OKI, dapat segera mencarikan jalan keluar untuk memperbaiki jembatan yang ambruk tersebut. Agar aktivitas warga kembali berjalan normal, terlebih lagi jembatan tersebut, merupakan akses terdekat warga menuju puskesmas, sekolah dan pusat kecamatan serta jalan utama.

“Kalau untuk perbaikan jembatan itu, diperkirakan masuk dalam dana anggaran pembangunan tahun 2022 ini. Harapan kami, pihak ataupun dinas terkait dapat membantu mencarikan solusinya untuk membangun serta memperbaiki kembali jembatan yang ambruk itu. Karena untuk aktifitas warga sendiri tidak ada jalan alternatif. Semoga dalam waktu cepat jembatan permanen sudah dapat berdiri kembali,” pungkasnya. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here