Home Kota Palembang Intensitas Hujan Sebabkan Banjir, ESP : Mungkin Ada Kelalaian Pihak Pemkot Palembang...

Intensitas Hujan Sebabkan Banjir, ESP : Mungkin Ada Kelalaian Pihak Pemkot Palembang dan BBSW VIII Sumatera

fhoto : Anggota DPR RI Komisi V Fraksi Partai Gerindra, Ir. H. Eddy Santana Putra.MT/dokumentasi pribadi

Palembang, bidiksumsel.com – Terkait Curah Hujan intensitas tinggi dan berdurasi panjang (diatas 3 jam), menyebabkan banjir di sebagian besar wilayah Kota Palembang pada rabu (01/09/2021) kemarin.

Anggota DPR RI Komisi V Fraksi Partai Gerindra, Ir. H. Eddy Santana Putra.MT menilai kemungkinan ada kelalaian pihak Pemkot Palembang PU SDA dan Balai Besar Sungai Wilayah VIII Sumatera yang berkedudukan di Palembang a.l.

“Menurut saya, kedua instansi tersebut terlambat mengoperasikan pompa-pompa pengendali banjir di jalan angkatan 45 dan stasiun pompa Muara Bendung serta pompa lainnya,” jelasnya melalui keterangan resmi yang diterima bidiksumsel.com. Kamis, (02/09/2021).

Tak hanya itu, ia menyebutkan, banyak pompa-pompa kecil tidak dapat beroperasi lagi karena kurangnya pemeliharaan.

“Saluran-saluran drainase primer, sekunder di semua sistem kurang pemeliharaan, contoh di sistem drain Bendung, Sekanak Lambidaro, Buah, Kedukan, dan lain-lain,” ulasnya.

Ia menambahkan, ada juga kemungkinan pada waktu bersamaan hujan, sedangkan di Sungai musi terjadi pasang maximum, namun ini juga harusnya sudah diantisipasi.

“Karena bisa diketahui dari perhitungan ramalan pasang surut yang akurasinya mendekati 100 %, Palembang di kalibrasi + 4 jam dari M. Sungsang,” pungkasnya. (yud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here