Home Berita Pemprov HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-101

HUT Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-101

┬áPALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru yang diwakili oleh Kasat Pol PP Provinsi Sumsel H Aris Saputra menghadiri peringatan puncak HUT pemadam kebakaran dan penyelamatan ke 101 tahun 2020 secara nasional di Lapangan Sultan Agung Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Minggu (01/03/2020).

Acara puncak dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Prof. M. Tito Karnavian, PHD didampingi oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Acara ini dirangkai dengan launching Relawan Damkar Indonesia (REDKAR) dan dimeriahkan water dance yang dipancarkan oleh mobil damkar.

Gubernur Sumsel melalui Kasat Pol PP Provinsi Sumsel H Aris Saputra menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada petugas pemadam kebakaran atas pengabdiannya dalam upaya memberikan perlindungan dan penyelamatan masyarakat beserta aset nasional/daerah dari bahaya kebakaran meskipun berisiko tinggi bahkan mempertaruhkan nyawa.

“Bapak Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru sangat mengapresiasi tugas mulia para pemadam kebakaran. Untuk itu, beliau menugaskan saya untuk hadir pada peringatan HUT pemadam kebakaran dan penyelamatan ke 101 tahun 2020 ini,” ungkapnya.

“Pada Satpol PP Provinsi Sumsel sendiri, terkait penanganan kebakaran berada pada Bidang Pemetaan Kebakaran meliputi Seksi Manajemen Kebakaran serta Seksi Pencegahan Kebakaran dan Saran Prasarana,” ditambahkan Aris.

Untuk diketahui, sebelum acara puncak HUT pemadam kebakaran dan penyelamatan ke 101 tahun 2020, dilaksanakan juga rangkaian kegiatan skill competition yang diselenggarakan Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Kementerian Dalam Negeri.

Skill competition bertujuan untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh para aparat DAMKAR di daerah selama tiga hari mulai tanggal 27 sampai 29 Februari 2020.

Kegiatan itu diikuti 49 kabupaten/kota dari seluruh Indonesia dan memperlombakan berbagai kompetisi yaitu survival (kemampuan bertahan), ladder pitching (ketangkasan menggunakan tangga) dan hose laying (ketangkasan menggelar selang dan menyemprot). (gun)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here