Home Palembang HNU Peduli Korban Kebakaran di Lorong Manggar

HNU Peduli Korban Kebakaran di Lorong Manggar

fhoto : bidiksumsel.com/dkd

Palembang, bidiksumsel.com – Dr H. Nasrun Umar SH MM (HNU) meninjau langsung lokasi kebakaran yang terjadi pada hari kamis malam (12/05/2022) lalu di Jalan Perintis Kemerdekaan Lorong Manggar 2 Kelurahan Lawang Kidul Kecamatan Ilir Timur II Palembang.

Musibah kebakaran tersebut telah melenyapkan 12 rumah, dengan 14 kepala keluarga (KK) yang kehilangan tempat tinggal dengan total korban ada 58 orang.

Hadirnya HNU sendiri mengunjungi korban kebakaran tidak lepas dari peran serta Ketua Harian Team Relawan HNU sendiri yaitu Hj Sri Haryanti yang lebih dahulu berkoordinasi dengan pihak RW dan RT setempat.

“Di dalam Al-Qur’an disebutkan, kita memiliki kewajiban untuk sama sama berbagi terhadap musibah yang di alami keluarga, jiron dan tetangga, saya justru merasa berdosa, kejadian ini sudah terjadi 13 hari yang lalu, sementara saya baru tahu 4 hari yang lalu sehingga baru bisa datang hari ini,” ungkap HNU saat ditemui di posko kebakaran. Rabu, (25/05/2022).

HNU sebagai salah seorang tokoh masyarakat yang tidak lain dan tidak bukan, dengan tidak membawa jabatan sebagai mantan PJ Bupati Muara Enim ingin berpartisipasi dengan masyarakat yang terkena musibah.

“Saya datang kesini sebagai hamba Allah, walaupun sebetulnya yang kami berikan ini tidak seberapa tapi paling tidak menunjukkan jika sesuatu terjadi di lingkungan kita wajib hukumnya memberikan uluran tangan kepada mereka,” katanya.

Selain itu, ingin membuat wajah wajah para korban menjadi wajah yang berseri kembali menatap masa depan yang akan mereka hadapi yang mana awalnya memiliki rumah kemudian tak ada rumah.

“Sebagai mana biasanya dalam kehidupan sehari-hari, saya mempersiapkan paket sembako, yang mana untuk satu paket sembako terdiri dari 2 beras, 1 kg gula, 1 kg tepung, 1 kg minyak dan 1 kaleng susu untuk ahli musibah persatu KK masing-masing mendapatkan 5 paket sembako,” jelasnya.

HNU menambahkan, bahwa bantuan yang ia berikan merupakan bantuan yang kecil, banyak donatur lain yang lebih besar memberi bantuan. Namun, paling tidak ia sudah berbagi sesama hamba Allah di dunia ini.

“Inilah kemampuan saya, yang ingin sedikit berharap, bukankah katanya jumlah amal itu tidak di lihat dari jumlah nya tapi keihklasan, karena percuma saja jika kita memberikan bantuan yang besar jika tidak ikhlas,” ujarnya.

HNU mengatakan, ketika ia masih menjabat sebagai PJ Bupati Muara Enim selama 1 tahun 3 bulan. setiap ada kejadian musibah seperti ini, HNU mengumpulkan seluruh stakeholder terkait yang berkepentingan di daerah tersebut untuk saling bahu membahu membantu membangun kembali rumah untuk para korban.

“Hari ini inti nya saya ingin berbagi-berbagi bersama dan bersama terhadap saudara-saudara kita yang terkena musibah,” ulasnya.

Ketika ditanya apakah ada rencana untuk membantu merenovasi rumah para korban kebakaran, dengan tegas HNU mengatakan, jika saat ini dirinya yang diberikan amanah, tentu saja ia akan langsung lakukan seperti yang HNU lakukan di Muara Enim.

“Namun karena saya tidak ada kewenangan maka tidak bisa dilakukan, karena ini kewenangan Walikota,” pungkasnya.

HNU pun mengingatkan untuk bekerja dengan keras, bekerja dengan cerdas, dan bekerja dengan ikhlas. (dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here