Home Berita Pemprov Herman Deru: Gunakan Dana Desa dengan Bijak dan Pedoman Jelas

Herman Deru: Gunakan Dana Desa dengan Bijak dan Pedoman Jelas

Herman Deru menghadiri Pembukaan Bimtek Penguatan Kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam Penataan Keuangan Desa

PALEMBANG – Gubernur Sumsel H. Herman Deru (HD) menghadiri Pembukaan Bimtek Penguatan Kinerja Aparatur Pemerintah Desa dalam Penataan Keuangan Desa, Kelembagaan Desa, dan Kewenangan Desa Kabupaten OKU Timur 2021 diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Negara (LPPAN) di Wyndham OPI Hotel Palembang, Kamis (20/5/2021) malam.

Dikesempatan tersebut, Herman Deru menyampaikan bahwa Bimtek ini sangat berguna dan perlu dilakukan oleh setiap desa kepada perangkat desa agar memberikan mereka ilmu dan pengetahuan dalam menjalankan pemerintahan yang benar dan sesuai dengan peraturan undang – undang terbaru tentang pemerintah desa.

HD juga mengatakan bahwa salah satu faktor penting yang dapat memajukan sebuah desa ialah informasi. “Informasi tentang perubahan peraturan Pemdes Saya harap selalu update   agar tidak ketinggalan informasi untuk mempermudah   dalam penyesuaian dan penerapan , jelas Herman Deru.

Terkait dengan penggunaan anggaran desa, Herman Deru mengingatkan bahwa pemerintah daerah baik Bupati, Camat ataupun Kepala Desa harus dapat membuat sebuah legal aspek untuk  memberikan pedoman kepada Kepala Desa dalam menggunakan anggaran desanya.

HD juga meminta agar pihak pemeriksa dapat melakukan pembinaan, mulai  perencanaan hingga  penggunaan anggaran desa, agar  terhindar dari urusan hukum dan memberikan pencegahan awal ketika mereka terindikasi melakukan sebuah kesalahan.

“Dalam melakukan pembangunan harus terintegrasi dengan baik sehingga  dapat diselesaikan dengan cepat  sesuai dengan keperluan serta berdasarkan skala Prioritas” tutup Herman Deru.

Bupati OKU Timur, H. Lanosin, ST menyampaikan bahwa bimtek dilaksanakan 3 tahap,   bertujuan untuk mencerdaskan dan memberikan pengetahuan kepada para aparatur perangkat desa agar mereka memiliki wawasan yang cukup dalam menjalankan pemerintahan desa. (mnn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here