Home Sumsel Banyuasin Gugatan Ditolak, Upaya Hukum Mengajukan Banding Segera Dilakukan Ilyas Harmy Terkait Sengketa...

Gugatan Ditolak, Upaya Hukum Mengajukan Banding Segera Dilakukan Ilyas Harmy Terkait Sengketa Tanah

fhoto : bidiksumsel.com/bd

Banyuasin, bidiksumsel.com – Sudarna SH MH kuasa hukum Ilyas Harmy pemilik tanah seluas 3973 meter persegi yang terletak di Desa Sungai Kedukan, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin kecewa dengan putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Sukajadi yang menolak gugatan kliennya dalam persidangan di Pengadilan Negeri Sukajadi, pada Rabu (09/11/2022).

Dalam putusannya majelis hakim Pengadilan Negeri Sukajadi menyatakan menolak gugatan Ilyas Harmy karena gugatannya sama dengan gugatan awal yang pernah diajukan oleh tergugat Indriana Angdrial.

Menurut Sudarna, hakim dalam putusannya tidak mempertimbangkan fakta-fakta hukum yang terungkap pada saat sidang lapangan. Karena pada saat sidang lapangan, tergugat Indriana Angdrial mengklaim tanah seluas 2526 meter persegi dengan akta pengoperan hak berdasarkan SPH atas nama Syarif bin Sehon atau Mat Hon pada saat pengukuran luas tanahnya juga berbeda dari luas 2526 meter persegi menjadi 4300 meter persegi dan objeknya juga berbeda objek tanah Indriana terletak di Desa Sungai Pinang, Kabupaten Banyuasin bukan di Desa Sungai Kedukan.

Dikatakan Sudarna bukti kepemilikan tanah yang diajukan kliennya berupa SHM tahun 2011, pada saat sidang lapangan dilakukan pengukuran yang dilakukan oleh pihak BPN objek dan luas tanahnya seusai tidak ada yang salah. Selain itu, para saksi yang dihadirkan kliennya menguatkan bahwa tergugat Indriana keliru.

“Disinilah kami merasa kecewa dengan putusan tersebut sehingga klien kami merasa tidak mendapatkan keadilan, dan kami akan menempuh upaya hukum dengan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Palembang,” tegas Sudarna SH MH saat ditemui wartawan pada Minggu (13/11/2022) sore.

Dijelaskan Sudarna, sebelumnya tergugat Indriana Angdrial menggugat Ilyas Harmy ke Pengadilan Negeri Sekayu, gugatannya sampai ke tingkat Peninjauan Kembali (PK). Hasil PK menyatakan surat SPH atas nama Syarif bin Sehon atau Mat setelah Pengadilan Negeri Sukajadi, menerima limpahan dari Pengadilan Negeri Sekayu ternyata sita eksekusi pihak Indriani tidak bisa membuktikan dan ternyata salah objek dan mengambil tanah seluas 1499 meter persegi dengan nomor SHM 10292 atas nama Ilyas Harmy yang kebetulan objeknya satu hamparan dengan yang disengketakan.

Setelah memperhatikan salah objek yang disita, selaku tergugat tidak boleh melakukan bantahan dan klarifikasi, dan saat klarifikasi Indriana tidak pernah hadir hanya mengutus kuasa hukumnya saja. (Bd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here