Home Berita Pemprov Gubernur Herman Deru Dengarkan Pengarahan Presiden RI Joko Widodo

Gubernur Herman Deru Dengarkan Pengarahan Presiden RI Joko Widodo

Gubernur Sumsel H Herman Deru mendengarkan pengarahan Presiden RI Joko Widodo

PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru mendengarkan pengarahan Presiden RI Joko Widodo kepada Kepala Daerah Seluruh Indonesia secara virtual dari Auditorium Graha Bina Praja, Pemprov Sumsel, Rabu (28/4/2021).

HD sampaikan bahwa dirinya bersama Forkopimda mendengar pengarahan Presiden kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia bersama forkopimda juga. Ada penekanan yang ditegaskan Presiden yaitu tentang pengendalian covid-19 dan ekonomi.

“Irisannya adalah ketika kita menghadapi Idul Fitri Presiden meyakinkan kepada para Bupati Walikota dan forkopimda untuk mendisplinkan masyarakat terhadap prokes itu poin yang penting yang harus dimaknai agar dilapangan posko-posko dibuat bukan menyekat tapi untuk mendsiplinkan,” katanya.

HD tegaskan untuk Sumsel, HD membekali petugas TNI, Polri, Dishub yaitu masker dan rapid tes, sehingga kalau ditemui yang positif, bagi yang OTG akan diminta isolasi mandiri, dankalau bergejala maka dia dirawat di Rumah Sakit.

“Kita sepakat mendisplinkan ini. Tadi bahkan Kapolda dan Pangdam bahkan sudah merapatkan hal ini intinya sama kita harus disiplin protokol kesehatan. Presiden khawatir akan ada kelalaian para kepala daerah dan masyarakat jadi kuncinya disiplin prokes,” tuturnya.

Secara virtual, Presiden RI, Joko Widodo, meminta agar para kepala menekankan disiplin yang ketat terhadap protokol kesehatan dengan memperketat 3M. Karena belajar dari pengalaman tahun lalu hari libur menjadi penyebab meningkatnya penularan covid-19.

“Selain itu, Vaksinansi masal di daerah, jangan sampai berhenti, tugas pemerintah pusat bagaimana menyiapkan vaksin jika ada vaksin jangan di stok. Pemda harus segera menyuntikan vaksin ke masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Berkaitan dengan ekonomi, Ia meminta agar perekonomian harus mengalami pemulihan di tahun 2021 dengan target di atas 7 persen. “Saya mengajak kepada seluruh Prov/kab/kota segerakan yang namanya belanja Pemda, belanja APBD, optimalkan realisasi APBD. Kemudian segera cairkan BLT Desa, dan tingkatkan investasi di daerah,” katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri secara online, Wakil Presiden, K. H. Ma’ruf Amin, dan Para Menteri, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof Eko Indra Heri, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Wakil Ketua DPRD Sumsel, Kartika Sandra Desi, SH, Kajati Sumsel, Drs. M. Rum, SH, MH. (mnn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here