Home Berita Pemprov Gubernur Hadiri Ratas Pengendalian Covid-19 dan PEN Secara Virtual

Gubernur Hadiri Ratas Pengendalian Covid-19 dan PEN Secara Virtual

Gubernur rapat virtual bersama Presiden

PALEMBANG – Gubernur Sumsel H Herman Deru menghadiri rapat terbatas (ratas) pengarahan Presiden RI Joko Widodo kepada para Gubernur menghadapi pandemi covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) secara virtual. Kegiatan ini juga diikuti oleh Gubernur seluruh Indonesia secara virtual di Sumsel Command Center, Selasa (1/9/2020).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk menyamakan persepsi antara Pemerintah Pusat, Kementerian/Lembaga, dan juga Pemda melalui Menteri, Gubernur, Bupati, Walikota hingga kades untuk mengambil langkah cepat dan pergerakan efektif dalam pemulihan ekonomi nasional akibat dampak covid-19.

“Saya ingatkan agar para Gubernur melihat dan memperhatikan data pergerakan kasus covid-19 di daerahnya masing-masing karena beberapa wilayah di dunia kembali menjadi trend kasus positif. Maka pengendalian covid-19 harus betul-betul kita jaga agar tetap terkendali. Kita harus waspadai betul sehingga kita tidak hilang kendali dalam penanganannya karena kita perlu memperkuat pertahanan kita,” katanya.

Jokowi mengatakan bahwa saat ini Pemerintah sedang berupaya melakukan percepatan pengujian dan pengadaan vaksin di Indonesia agar segera dapat digunakan untuk seluruh rakyat Indonesia. Dan sedang dalam pembuatan vaksin merah putih untuk diproduksi sebelum vaksinasi dilakukan secara masif dan efektif.

“Hati-hati kemungkinan second wave karena hal ini akan berdampak pada laju pemulihan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam berbagai aspek mulai mengalami peningkatan sedikit demi sedikit. Karena itu saya ingin peran Gubernur untuk menggencarkan edukasi protokol kesehatan dan lebih baik jika dilakujan pengawasan di lapangan sehingga kedisplinan nasional dalam mengikuti protokol kesehatan betul dikerjakan,” kata Jokowi.

Untuk memulihkan perekonomian akibat dampak covid-19, Jokowi meminta agar para Gubernur mengoptimalkan dan menyegerakan belanja APBD Provinsi/Kab/Kota terutama terkait belanja barang/jasa, belanja modal, dan bansos. Menurutnya hal ini akan meningkatkan konsumsi masyarakat dan daya beli masyarakat yang akan mempengaruhi pemulihan ekonomi daerah.

Sementara itu, Wapres, Ma’ruf Amin meminta agar para Gubernur terus membina koordinasi dengan Bupati Walikota yang ada di daerahnya masing-masing untuk menimbulkan kegiatan ekonomi sosial tanpa memperburuk penyebaran covid-19. Selain itu, pengendalian covid-19 agar terus digencarkan dengan edukasi, sosialisasi¬† dan pengawasan secara masif.

“Pemprov diharapakan membantu pemerintah pusat menyelesaikan hambatan-hambatan dalam program pemulihan ekonomi di daerah. Dan pemda dapat memanfaatkan PEN daerah untuk pemulihan sektor-sektor yang mengalami penurunan yang sanga tajam,” tutupnya. (mni)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here