Home Sumsel Ground Breaking Pelabuhan Tanjung Api-api Dilaksana Akhir Tahun

Ground Breaking Pelabuhan Tanjung Api-api Dilaksana Akhir Tahun

Novita Wijayanti

PALEMBANG – Pelabuhan Boom Baru Palembang merupakan pelabuhan utama di Sumatera Selatan yang melayani kunjungan kapal domestik maupun kapal internasional. Akses menuju pelabuhan Boom Baru sering dilalui kontainer bertonase tinggi. Hal ini menyebabkan antrian panjang truk-truk kontainer yang ingin masuk ke pelabuhan tersebut.

Anggota Komisi V DPR RI, Novita Wijayanti mengungkapkan, pihaknya akan mendukung pembangunan pelabuhan samudera di Tanjung Api-api, Sumatera Selatan. Terlebih memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa.

“Pelabuhan Boom Baru ini letaknya di pusat kota, kemudian sering menyebabkan kemacetan atau crowded. Jadi kita berpendapat dengam tidak bisa dikembangkan lagi (karena area lahan terbatas, red), ini akan semakin baik jika dipindahkan ke Tanjung Api-api,” ungkap Politisi Fraksi Partai Gerindra ini.

Ia berharap kepada pemerintah agar ground breaking pelabuhan Tanjung Api-api dapat segera terlaksana pada akhir tahun ini sesusai dengan rencana pemerintah, sehingga pada awal 2024, pelabuhan ini sudah bisa dimanfaatkan. “Karena kasihan juga kalau perusahaan-perusahaan besar yang ada di sini, harus pindah ke provinsi lain (cuma) karena pelabuhan yang kurang layak,” seru Novita.

Dari informasi yang ia peroleh, dari Pelabuhan Boom Baru menuju samudera bisa memakan waktu satu hari. “Kita datang ke sini untuk mendorong pemerintah supaya memprioritaskan pelabuhan di Sumatera Selatan ini untuk bisa segera dipindah ke Tanjung Api-api. Dan di sini (Boom Baru) bisa digunakan untuk keperluan lainnya,” pungkasnya. (mnn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here