Home Sumsel Banyuasin Gelar Rakernas, Askolani : ADPMET Berperan Untuk Pembaharuan Migas Dan Energi

Gelar Rakernas, Askolani : ADPMET Berperan Untuk Pembaharuan Migas Dan Energi

Fhoto bersama Bupati Banyuasin Askolani SH MH, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Arifin Tasrif, Gubernur Sumsel, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil/bidiksumsel.com, dkd

Banyuasin, bidiksumsel.com – Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET) melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Sosialisasi Hasil Munas IV di Hotel Whyndam Jakabaring. Kamis, (03/06/2021).

Dengan tema “Penguatan Daerah Melalui Regulasi dan Dukungan APBN Dengan Percepatan Kemandirian Energi Negara di Era Transisi”.

Rakernas ADPMET dibuka secara virtual oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Arifin Tasrif.

Bupati Banyuasin Askolani SH MH dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa Rakernas tersebut merupakan kegiatan pertama ADPMET pasca Munas di Bali pada tanggal 21 Desember 2020 lalu.

Adapun tujuan dari Rakernas tersebut yakni untuk penguatan, konsolidasi dan koordinasi ADPMET yang beranggotakan Kepala Daerah penghasil Migas dan Energi Terbarukan.

“Rakernas ini sangat diperlukan karena menjadi momen strategis untuk mempromosikan hasil hasil yang dicapai pada Munas lalu dan untuk membuat rangka kerja lima tahun kedepan,” jelasnya.

Askolani juga menyampaikan, bahwa ada 23 Daerah yang hadir baik secara langsung maupun secara virtual untuk pemantapan Rakernas yang diselenggarakan selama 3 (tiga) hari.

“Kami ucapkan terima kasih banyak atas kepercayaan kepada Kabupaten Banyuasin sebagai tuan rumah dalam Rakernas ini, dan kami berharap kepada semua daerah berkontribusi memberikan masukan, ide dan gagasannya. baik kepada internal organisasi maupun kementerian-kementerian terkait,” ujarnya.

“Dalam rangka mencapai tujuan bersama sehingga harapan kita terkait migas dan energi terbarukan di Indonesia dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh daerah dan terutama masyarakat di daerah,” paparnya.

Sementara, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru (HD) mengapresiasi dan menyambut baik terlaksana nya Rakernas tersebut di Sumsel khususnya di Banyuasin yang di pilih sebagai tuan rumah.

“Terbentuknya organisasi ini sebagai bentuk perhatian kepada daerah-daerah penghasil minyak dan gas serta demi kepentingan daerah itu masing-masing,” kata HD.

HD meminta agar semua yang hadir untuk memantapkan langkah kedepan dalam visi dan misi yang sama untuk kemandirian pengelolaan dan pemanfaatan Migas dan Energi terbarukan yang dimiliki oleh daerah agar dapat dimaksimalkan dari lokal dan untuk masyarakat lokal.

“Langkah berkumpul kita ini ujung tonggak untuk konsen kepada tujuan kita untuk mandiri Migas dan Energi terbarukan. ADPMET harus berperan sebagai mitra Pemerintah, bersepakat untuk penghematan energi dengan bijak penggunaan Migas dan Energi dengan teknologi,” ucap HD.

Sementara itu, Ketua ADPMET terpilih sekaligus Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) meminta secara pelan-pelan mulai hijrah menggunakan sumber energi yang hemat.

“Kita harus bergerak untuk pemanfaatan sumber energi yang ada di sekitar kita, pengoptimalan upaya agar ini segera terwujud butuh kerja keras bersama dan keinginan mau berubah menjadi lebih baik,” kata RK.

RK berharap kepada semua pengurus dan anggota APDMET dapat segera menyiapkan ide dan program-program yang mengedepankan kepentingan dan kemaslahatan bersama.

RK juga menjelaskan, bahwa peran ADPMET ini untuk memperjuangkan transparansi bagi hasil pusat ke daerah dalam pemanfaatan Migas dan Energi.

“Hal inilah salah satu yang akan kita perjuangkan dan pengoptimalan kilang-kilang minyak yang ada,” pungkas RK. (dkd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here