Home Palembang DPRD Metro Lampung Belajar Penanggulangan Banjir di Palembang

DPRD Metro Lampung Belajar Penanggulangan Banjir di Palembang

dr Hj Letizia, M Kes

PALEMBANG – Komisi III DPRD Kota Metro, Lampung, memuji program gotong royong yang dipelopori Wali Kota Palembang H Harnojoyo.

“Program gotong royong sangat membantu dalam mengantisipasi dan penanggulangan banjir di Palembang. Saya salut, karena tidak banyak kepala daerah yang bersemangat menjaga lingkungan. Apalagi gotong royong membersihkan sampah menjadi salah satu upaya untuk menanggulangi banjir.

Misalnya saat hujan, kalau sampah bersih tidak akan menyumbat saluran air,” kata Wakil Ketua DPRD Metro Lampung, Ahmad Kuseini, di Balai Kota Palembang, Selasa (11/2/2020).

Ia melanjutkan, banyak yang perlu dipelajari dari Kota Palembang. Antara lain, pembangunan pasar ikan modern di Kecamatan Ilir Timur Tiga.

“Pasar Ikan Modern ini bisa juga menekan angka kelangkaan ikan di pasaran, tentunya bisa jadi solusi. Ke depan, kami berharap, Pemkot Palembang bisa memberikan ilmu dan pengalaman untuk kami terapkan di Lampung,” ujar Ahmad yang memimpin rombongan Komisi III DPRD Metro Lampung.

Staf ahli Wali Kota Palembang Bidang Perekonomian, Pembangunan, & Investasi, dr Hj Letizia, M Kes, yang mewakili wali kota Palembang, mengatakan, selain belajar tentang penanggulangan banjir DPRD Metro Lampung juga tentang kebijakan pemerintah dalam mengelola pasar tradisional.

“Pemerintah Metro Lampung menilai, pasar kita sudah sangat baik. Bahkan, kita ada Pasar Ikan Modern. Mereka juga menanyakan, kenapa Palembang terpilih mendapatkan bantuan tersebut,” ujarnya.

Ini juga prestasi bagi Kota Palembang, karena Kementerian Pertanian dagangan mempercayakan Palembang untuk pembangunan Pasar Ikan Modern. Selain itu juga, kata Letizia, Palembang memiliki lahan yang clear and clean, sehingga ini yang menjadi pertimbangan Kementerian untuk menghibahkan Pasar Ikan Modern. “Palembang juga berpotensi untuk olahan ikan yang setiap hari menjadi penganan, seperti pempek, ” kata Letizia.

Tak hanya itu, lanjut Letizia, Palembang juga sudah memiliki sistem pompanisasi untuk menanggulangi banjir. “Ini yang sangat dikagumi oleh Komisi III Metro Lampung.” (*)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here