Home Nasional Disorot Anggota DPR RI, Gubernur Langsung Tinjau Bandara SMB II

Disorot Anggota DPR RI, Gubernur Langsung Tinjau Bandara SMB II

PALEMBANG – Adanya masukan dari anggota Komisi V DPR RI, Ir H Eddy Santana Putra yang viral atas kurangnya layanan dan fasilitas kesehatan bagi penumpang di bandara SMB II Palembang, langsung mendapat respon dari Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru dengan meninjau langsung kondisi Bandara Sultan Mahmmud Badarudin II Palembang pasca pandemi Covid-19, Selasa (14/4/2020).

Dari pantauan terlihat penerbangan di SMB II Palembang cukup turun drastis bahkan beberapa maskapaipun membatasi untuk penerbangan.

“Bandara SMB II biasanya sehari-hari sebelum covid-19 kedatangan penumpang lebih kurang 12 ribu. Saya tanya kepada petugas dan manajer angkasa pura kini turun sampai lebih dari 95 persen,” ujar Herman Deru.

Bahkan dijelaskannya setelah mendapatkan laporan untuk penerbangan hari ini sedikitnya ratusan orang penumpang. “Hari ini saya dapat laporan cuma rata-rata 450 penumpang,’’ ujarnya.

Maskapainya mengurangi flight serta menertibkan physical distancing didalam pesawat. Untuk itu, perlu kerja keras dari berbagai pihak seperti Lanud, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan termasuk Angkasa Pura yang sangat ketat mengawasi baik orang berangkat maupun datang,”ungkapnya.

Dia meminta kerja keras ini bahwa bukan para petugas saja tapi masyarakat juga harus berbuat dengan cara mencegah membantu diri sendiri terlepas dari Covid-19 hal itu juga dapat membantu orang lain.

“Jika kita disiplin mematuhi anjuran-anjuran pemerintah, sampai dengan hari ini hingga enam hari berjalan ada laporan satu penambahan satu positif. Artinya cukup menurun, mudah-mudahan akan terus menurun dan sirna dari Sumsel, Indnonesia dan dunia,”katanya.

Dia juga meminta kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang untuk seleksi betul khususnya kepada penumpang yang datang.

Bahkan dia mengingatkan untuk tidak pandang bulu jika memang terjadi indikasi memenuhi standar covid dan kemudian untuk segera dibawah ke rumah sakit rujukan dan seken line yang telah disediakan. “Jadi kemarin baru saya tanda tangani ada penambahan 43 Rumah Sakit Rujukan dan seken line,’’ ujar Deru.

Jadi sekarang setiap daerah-daerah itu sudah tersebar Rumah Sakit Rujukan yang dapat menangani Covid dan bisa merekomendasi bersama dinas kesehatannya termasuk dengan melengkapi fasilitas kesehatan.

Tak lupa Gubernur Herman Deru kembali mengingatkan kepada masyarakat jika ada gejala-gejala untuk dapat segera memeriksakan diri, serta menjaga produktifitas walaupun tidak semaksimal mungkin.

“Jangan pernah takut untuk memeriksakan diri, jaga disipilin physical distancing. Tapi ingat bagaimana pun produfitas kita jangan sampai punah dan habis. Kita siasati meskipun physical distancing, social distancing tapi produktifitas kita tetap berjalan . Meskpin kita harus mengakui tidak bisa semaksimal saat sebelum covid datang,”tutupnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Kolonel Pnb Firman Wirayuda, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Palembang Dr Nur Purwoko Widodo, M.Epid., GM Bandara SMB II Palembang, Fahrurrozi, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel, H Achmad Rizwan dan Kepala Dinas Perhubungan Nelson Firdaus. (dan)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here