Home Sumsel OKI Dengan Semangat Pekan Menyusui Sedunia, Ibu Sehat, Anak Kuat

Dengan Semangat Pekan Menyusui Sedunia, Ibu Sehat, Anak Kuat

fhoto : Puskesmas Tulung Selapan OKI saat memperingati pekan menyusui sedunia/(bidiksumsel.com/daniel)

OKI, bidiksumsel.com – Pekan menyusui sedunia fokus pada perlindungan menyusui dan bayi menyusui di masa pandemi dengan semangat pekan menyusui sedunia, ibu sehat, anak kuat. Senin, (02/08/2021).

Kepala Puskesmas Tulung Selapan, Kabupaten OKI, Sentriyadi mengungkapkan, bahwa setiap tahunnya, dunia memperingati pekan menyusui sedunia pada tanggal 1-7 Agustus.

ASI adalah makanan ideal untuk bayi. Sementara itu, menyusui adalah salah satu cara efektif untuk memastikan kesehatan dan kelangsungan hidup anak.

“ASI menyediakan semua energi dan nutrisi yang dibutuhkan bayi di bulan-bulan pertama kehidupan, dan terus menyediakan hingga setengah atau lebih dari kebutuhan nutrisi anak usia 6-12 bulan dan sepertiga selama dua tahun kehidupannya,” ujarnya.

Tujuan utama dari peringatan pekan menyusui sedunia adalah untuk memperjuangkan pemenuhan hak anak pada bayi hingga berusia 24 bulan atau lebih, akan kebutuhan ASI untuk tumbuh kembangnya. Selama masa pandemi ini, menyusui menjadi tantangan bagi sebagian besar ibu di dunia.

Selain itu, lanjut Sentriyadi, secara psikologis, pemberian ASI dapat membangun kedekatan jiwa antara sang ibu dan sang anak. Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau anak yang mendapatkan ASI eksklusif dari sang ibu akan cenderung mempunyai kedekatan dan hubungan yang lebih baik dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI.

“Untuk mengingatkan seluruh lapisan masyarakat, bahwa keberhasilan pekan menyusui sedunia, sangat ditentukan oleh banyak pihak. Seperti dari suami, orang tua, keluarga terdekat, sahabat, tenaga kesehatan, dan pemerintah,” tutupnya. (daniel)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here