Home Kota Palembang Dapat SMS Wajib Ikut Vaksinasi, Layanan Diperluas Menjadi 41 Puskesmas

Dapat SMS Wajib Ikut Vaksinasi, Layanan Diperluas Menjadi 41 Puskesmas

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Fauziah M.Kes

PALEMBANG – Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Fauziah, M.Kes, mengatakan, sebanyak 119 tenaga kesehatan (nakes) sudah disuntik vaksin Sinovac.

“Ini masih di 16 Puskesmas. Tapi kalau vaksinnya bertambah, akses untuk pelayanannya akan ada di 41 Puskesmas,” ujar Fauziah, Selasa (19/1/2021).

Ia menyebutkan, vaksin akan ditambah sebanyak 5.760 vial, sehingga total vaksin untuk Kota Palembang sebanyak 29.360 vial. Saat ini Palembang baru menerima 23.600 vial, dan sebanyak 14.403 nakes akan disuntik vaksin.

“Yang mendapatkan SMS wajib untuk divaksinasi, kecuali ada batuk filek sampai dilihat tanda-tanda Covid-19, maka ditunda. Begitu juga penyakit kronis lainnya, untuk sementara distabilkan dulu,” kata Fauziah.

Ia menambahkan, Pemkot Palembang juga terjadwal untuk mendistribusi vaksin Covid-19 ke 36 rumah sakit dan 41 Puskesmas.

“Saat ini yang sudah dipastikan layanan kesehatan menerima vaksin ada 16 Puskesmas, salah satunya yakni di Puskesmas Gandus,” katanya.

Secara teknis, pendistribusian vaksin Covid-19 dari pusat diserahkan langsung ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel. Kemudian setelah serah terima dari Pemprov ke Pemkot, Dinkes Palembang menyimpan vaksin di Gudang Farmasi kota.

“Barulah puskesmas mengambil masing-masing dari gudang farmasi, kemudian dari Puskesmas baru dibagikan ke Rumah Sakit,” Fauziah menjelaskan. (dnn)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here